Mencari Supervisor dan Personal (Jurusan Kimia Organik, dll)

Jawaban bersumber dari buku “Japan I am coming” karangan Ibu Murni Handayani, M.Sc, PhD yang saat ini bekerja sebagai assistant professor di Chemistry Department, Division of Physical Organic Chemistry, Graduate School of Science, Osaka University.

 

  1. Bagaimana cara agar supervisor kita tertarik dgn abstrak yg kita buat? Dan bagaimana agar kita bisa terkoneksi dengan supervisor kita? saya sudah search dari webs osaka tentang prof yg saya tuju, namun yg tercantum itu nama, organizations, education, research activities, mksdnya tdk ada email/kontak yg bisa di hub. Kalau demikian, kira2 bagaimana melakukan spt pengiriman ke email spti yg telah ibu ulas

Mengenai cara menghubungi professor lengkap  dengan cara mendapatkan LOA dan juga tips tembus beasiswa saya ulas di buku yang saya terbitkan (Japan I am coming).

Intinya adalah kita harus menguasai riset proposal yang kita buat yang mana riset tersebut sesuai dnegan bidang riset yang dilakukan di tempat Professor tsb. Kita harus bisa mengemukakan pentingnya riset yang akan kita lakukan nanti jika kita bergabung di Professor tsb. Di yakinkan dengan kemampuan kita di bidang tersebut (misalkan dengan pengalaman riset kita saat S1, syukur kita pernah publish Jurnal mengenai tema riset tsb, yang mana ini akan sangat menguatkan bahwa kita memang berkompeten dan layak menjadi murid beliau).

Di website osaka sangat jelas bisa dicari email professor yang kita tuju dengan mudah sebagai berikut

Masuk ke website OU à kemudian klik di faculty and staff maka akan muncul researcher database

Berikut link mencari database professor di OU:

http://www.dma.jim.osaka-u.ac.jp/search?m=home&l=en

Disitu sangat lengkap apakah kita akan mencari berdasarkan nama (jika kita sudah tahu nama professornya), atau dari bidang studi atau juga dari afiliasinya. Silahkan di cek.

  1. Jurusan yg sedang saya tempuh termasuk yg tidak banyak dibuka di univ jepang (re: nursing), krna kbanyakan yg dbuka dsana adalah kesehatan masyarakat & kedokteran (re: health promotion, medicine, health technology n science). Setelah saya search, di osaka ada division of health sciences area of nursing science, saya tertarik bagian dept of evidence based clinical nursing (perioperative care) dgn chief prof umeshita koji. Nah itu kelanjutannya bagaimana supaya bisa dapat supervisor berkaitan dgn itu?

Seperti No. 2. Tinggal menghubungi Professor yang Anda minati tersebut.

 

PERSONAL

  1. Mengapa ibu memilih jurusan kimia organik?

Saya bidangnya kimia organik fisik, akan tetapi di lab saya lebih ke material karena memang saya kerja di LIPI bidangnya di kimia material. Riset saya lebih ke sintesis nanomaterial dari bottom up (Gold nanoparticles, nanokomposit carbon nanotubes-porphyrin yang banyak diaplikasikan di bidang energi, katalis, nanoelektronik, biomedical, Nanosensor dll ) yang merupakan ketertarikan saya untuk bisa mensintesis material dengan skala sangat kecil dengan proses sintesis organik.

     2. Jika saya (dari pendidikan kimia) melanjutkan kimia murni, apakah ada semacam           kelas matrikulasi sebelumnya?

Untuk di Jepang sini tidak ada kelas matrikulasi, ada beberapa teman saya yang dari UPI juga S2 di Osaka University, ya hanya mungkin kaget karena akan banyak riset saat studi disini. Teman saya juga di shiga juga guru SMA, tetapi disini mengambil S2 yang notabene juga berbasis riset. Alhamdulillah bisa mengikuti tanpa matrikulasi. Asalkan professor menerima kita menjadi murid bimbingan di lab beliau, ya berarti ada kesempatan yg sama. 

   3. Pilihan jurusan apa saja yang ada di chemistry graduate program OU?

Inorganic, physical chemistry, organic chemistry, interdisciplinary chemistry. Dalam setiap jurusan terdiri banyak sekali lab/ professor. Bisa dilihat di website berikut: http://www.chem.sci.osaka-u.ac.jp/graduate/chem-e/lab/index.html

  1. Bagaimana jadi pribadi yang selalu konsisten dan dapat menjadi orang penting di osaka jepang? Apakah hanya fokus kuliah tanpa mengikuti organisasi?

Untuk menjadi pribadi yang konsisten dan berguna maka beberpa faktor di bawah ini akan sangat penting, kita disini adalah duta bangsa, agama serta diri kita sendiri maka akan lebih baik jika kita aktif dalam banyak kegiatan. Menurut saya hanya fokus kuliah saja tidak akan menjamin kesuksesan kita dalam studi disini, beberapa pengalaman dari senior di Osaka, beberapa dari mereka sangat aktif di banyak kegiatan justru lulus tepat waktu.

Banyak faktor yang menentukan kesuksesan dalam kuliah di LN:

  • Silaturohmi menurut saya snagat penting, dengans ering mengobrol dan berdiskusi dengan banyak teman dan orang lain sering memberikan ide baru dan membuka informasi dan hal-hal baru yang mungkin kita belum pernah mengethaui sebelumnya.
  • Menjaga attitude , ini sangat penting karena kita sebagai orang asing disini akan menjadi duta bangsa dan juga duta agama serta duta bagi diri kita. Apa yang mereka lihat dari attitude kita akan menjadi cermin dari bangsa, agama serta diri kita.
  • Bertanggungjawab terhadap diri sendiri dengan melakukan tugas dengan yang terbaik
  • Selalu konsisten
  • Tidak mudah berputus asa
  1. Saya mahasiswa teknik pangan, saya ingin bertanya terkait riset ibu, ttg sintesis nanomaterial bisa dijelaskan sedikit itu tentang apa & bagaimana? Setau saya nanoteknologi bisa  diaplikasikan di banyak bidang, ya kan bu? Nah, utk sintesis material sendiri contohnya dibidang pangan/gizi/kesehatan apakah ada? Dan bisa dicontohkan sedikit seperti apa?

Iya memang nanoteknologi bisa diaplikasikan di banyak bidang.

Sintesis saya adalah sintesis nanokomposit carbon nanotube-Porphyrin dan juga carbon nanotubes-porphyrin-Gold nanoparticle. Nanokomposit ini bisa diaplikasikan untuk fotokatalis, untuk katalis di fuel cell, kemudian bisa diaplikasikan untuk nanoelektronik dan biomedical

Untuk sintesis nanomaterial di bidang pangan/gizi dan aplikasinya sebagai berikut:

Nanoteknologi bisa diaplikasikan dalam proses pengepakan makanan menggunakan bionanokomposit yang mampu menggantikan plastik sebagai bahan pengepakan sehingga lebih aman terhadap lingkungan karena biodegradable.

Nanosensor bisa dikembangkan di bidang pangan yang berguna untuk mendeteksi kuman dalam makanan , dll.

Salah satu hasil riset menunjukkan bahwa Zein yang merupakan prolamin dan protein terbanyak yang terkandung dalam jagung telah mampu disintesis nanopartikelnya dan sangat berguna di bidang pangan industri plastik yang biodegradable.

  1. kenapa memutuskan kerja di LIPI sebelum lanjut study S2? apa kegiatan (bidang ibu) ketika kerja di LIPI? apakah background pekerjaan selama di LIPI membantu kelancaran study?

Karena memang saya ingin jadi scientist dan masuk LIPI sudah jadi angan-angan/impian saya sejak lulus kuliah, selepas kuliah saya tidak langsung bekerja di LIPI tetapi di persuahaan farmasi swasta. Kegiatan di LIPI adalah melakukan riset dan mengembangkannya kemudian diseminarkan dan di sosialisasikan.

Background pekerjaan iya menentukan dan sangat membantu kelancaran studi, karena sebelum studi ke Jepang saya juga sering ikut seminar kemudian membuat makalah/publikasi dan sering melakukan eksperimen, sehingga ini sangat berpengaruh sekali saat studi di Jepang dimana kuliah di jepang S2 dan S3 berbasis riset sehingga harus melakukan eksperimen, kemudian saat S3 harus melakukan publikasi internasional dan juga bisa mendapatkan kesempatan untuk seminar internasional ke beberapa negara di Eropa, China, malaysia dan Amerika.

  1. Kalau d jepang untuk s2 jurusan yg semacam pendidikan keguruan (FKIP) gitu bagusnya dimana ya bu ??

The university of Tokyo

http://www.u-tokyo.ac.jp/en/academics/grad_education.html

Kyoto University

http://www.educ.kyoto-u.ac.jp/en/graduate-school-of-education

  1. Apakah ada hal-hal yang menarik di jepang yang belum banyak diketahui di Indonesia ?

Kebudayaan Jepang, sistem pendidikan di Jepang dan sistem kesehatan dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *