Ayunan Angklung di Pembuka Tahun Baru

Penampilan angklung di pesta tahun baru ATOMS (sumber foto: MAFGA)

Nampaknya keindahan alunan musik angklung semakin dikenal luas oleh masyarakat Jepang, khususnya di Osaka. Hal ini dibuktikan dengan datangnya berbagai tawaran manggung untuk tim angklung Sanggar Budaya PPI ON. Kali ini, tawaran tersebut datang dari TIFA (Toyonaka International Friendship Association) untuk mengisi perayaan acara Association for Toyonaka Multicultural Symbiosis (ATOMS) New Year Party, Sabtu, 21 Januari 2017, yang diadakan di gedung ETRE lantai 5 Toyonaka. Acara tersebut merupakan penampilan pertama bagi Sanggar Budaya di tahun baru 2017. Masih dengan personil yang sama, yaitu Gabriel, Okie, Tamara, Samsul, Okta, Yusrifar, Yuzy, Wulan, dan satu anggota baru Muti, bersama juru kamera Sugeng yang tidak pernah ketinggalan untuk mengambil momen-momen yang apik di TKP.

Dalam penampilan angklung kali ini, Sanggar Budaya tidak hanya memainkan membawakan dua lagu: Shima Uta dan Tonari no Totoro. Shima Uta adalah lagu tradisional dari Prefektur Kagoshima, daerah selatan Jepang, sehingga cocok dimainkan saat musim dingin agar suasana terasa lebih hangat. Sementara itu, Tonari no Totoro adalah lagu tema dari film animasi dengan judul yang sama karya sutradara Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli. Alunan musik yang riang tentu saja menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak yang hadir di acara tersebut.

Berbeda dari beberapa penampilan terakhir, penampilan angklung kali ini dilengkapi oleh nyanyian dari Yuzy. Kemeriahan penampilan tim angklung disertai dengan riuh rendahnya tepuk tangan dari penonton selama lagu Tonari no Totoro hingga akhir penampilan. Keceriaan yang terpancar dari wajah penonton, terutama anak-anak, menjadi kesan mendalam bagi para personil karena merasa telah sukses berperan sebagai agen pengenal kebudayaan Indonesia di luar negeri, khususnya Jepang. Harapan tim angklung selanjutnya adalah agar alat musik angklung semakin dikenal dan alunanannya dapat terdengar di seluruh penjuru Jepang.

Bagi yang penasaran dengan penampilan tim angklung Sanggar Budaya PPI ON di acara ATOMS New Year Party, berikut video penampilan kami. Selamat menonton!

­­

Penulis: Sanggar Budaya

Video: Sugeng dan Okta

Editor: Nindya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *