ISASC 2017: Konferensi Sains Mahasiswa Indonesia di Osaka

ISASC (Indonesian Student Association Scientific Conference) merupakan konferensi lintas keilmuan yang pertama kali diselenggarakan oleh PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Osaka-Nara, Jepang. Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017 di Icho-Kaikan Hall, Osaka University, Jepang ini diikuti oleh 121 mahasiswa Indonesia dari sejumlah universitas di Indonesia, Jepang, dan Australia. Pada ISASC tahun ini, PPI Osaka-Nara bekerja sama langsung dengan pihak Osaka University dan mengusung tema “Science, Technologies, Humanities and Social Sciences for Sustainable Development of Indonesia”. Sebanyak 50 peserta presentasi diseleksi berdasarkan abstrak riset masing-masing terkait kesesuaiannya dengan tema dan bidang ilmu. Terdapat lima bidang keilmuan yang dibahas di dalam ISASC 2017, yakni Biotechnology and Genetic Engineering, Chemical Biology and Natural Product Chemistry, Material Science and Engineering Resources, Environment and Social Interaction, dan Government, Economic and Social Policy.

Peserta dan Keynote Speakers ISASC 2017

 

Kegiatan ISASC 2017 dibuka secara resmi oleh Bapak Wisnu Edi Pratignyo, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Osaka, dan Prof. Fujita Kiyoshi selaku perwakilan Osaka University. Setelah sesi pembukaan, Deputy Chief of Mission, Indonesian Embassy in Tokyo, Dr. Ben Prakarsa Drajat, selaku salah satu keynote speakers memberikan kuliah umum mengenai peran besar mahasiswa dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Prof. Akihisa Matsuno dari Osaka University pun turut menekankan pentingnya globalisasi pendidikan terutama pengaruhnya bagi kalangan pelajar serta peneliti. Sesuai tema yang diterapkan, konferensi ini bertujuan menjalin dan mempererat kerja sama lintas universitas dalam upaya pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Setelah sesi kuliah umum, kegiatan dilanjutkan dengan lima sesi paralel sesuai bidang keilmuan di ruangan terpisah. Setiap sesinya dibuka oleh keynote speakers yang berkeahlian dalam bidang masing-masing. Sesi Biotechnology and Genetic Engineering dibuka oleh Dr. Sastia Prama Putri dari Osaka University, sesi Chemical Biology and Natural Product Chemistry oleh Ambara R. Pradipta, PhD dari RIKEN, sesi Material Science and Engineering Resources oleh D. Sc. Satria Zulkarnaen Bisri dari RIKEN, sesi Environment and Social Interaction oleh Prof. Stefano T. Tsukamoto dari Osaka University, dan sesi Government, Economic and Social Policy oleh Dr. Dony Danaha Wiriawan dari Osaka University. Para peserta kemudian memberikan presentasi oral mengenai penelitian mereka serta saling berbagi pengetahuan melalui sesi tanya-jawab di akhir setiap presentasi.

Pemberian Piagam Penghargaan kepada Keynote Speakers ISASC 2017

ISASC 2017 ditutup oleh pemberian piagam penghargaan kepada para keynote speakers dan presenter terbaik dari masing-masing bidang keilmuan. Ketua pelaksana, Julinton Sianturi, menyatakan harapan dari tujuan diadakannya ISASC ini, “Kami ingin semua orang Indonesia paham tentang pentingnya pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Indonesia butuh anak muda yang bertalenta. Hal paling penting adalah, kita ingin semua pihak bekerja sama dan saling terkoneksi dalam mendukung program berkelanjutan Indonesia.”  

Sumber dan info terkait ISASC 2017 dapat diakses di official website ISASC 2017.

 

Penulis: Dhira

Editor: Tamara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *