Jalan-Jalan ke Cat Cafe di Osaka

Februari adalah bulan yang identik dengan cinta. Untuk sebagian orang, bulan ini merupakan momen yang tepat untuk menunjukkan kemesraan pada pasangan masing-masing. Lalu bagaimana bila pada momen ini kita belum dapat mengekspresikan kasih sayang dengan pasangan kita karena jomblo? (nangis di pojokan) Fear not!

Redaksi PPI-ON telah menyiapkan satu solusi yang patut dipertimbangkan. Apa itu? Bermain ke Cat Cafe!

Tahukan kamu, bahwa di Jepang terdapat hari khusus untuk kucing atau yang biasa disebut dengan “Cat day”. Cat day jatuh pada tanggal 22 Februari setiap tahun. Hal ini karena dalam bahasa Jepang angka 2 dibaca “ni”, memiliki homofon seperti suara kucing dalam bahasa Jepang. “Nyan” adalah bahasa Jepang dari suara kucing “Meow”. Sehingga 22 Februari dapat di ucapkan sebagai “ni ni ni” atau sama dengan “Nyan nyan nyan”. Masyarakat jepang masih mempercayai bahwa keberadaan kucing dapat membawa keberuntungan dan ketenangan jiwa. Tidak mengherankan jika saat ini kucing merupakan binatang favorit di Jepang. Meskipun demikian, tidak banyak orang yang memiiki kucing sebagai hewan peliharaan. Memelihara kucing di Jepang cukup merepotkan. Pemilik harus mengurus beberapa perijinan dan persyaratan khusus. Selain itu, sebagian besar orang Jepang tinggal di gedung apartemen, namun tidak banyak pemilik gedung yang mengijinkan penghuni untuk memelihara binatang. Keadaan inilah yang menjadi faktor cat cafe menjadi sangat popular di Jepang.

“Nyan nyan nyan”

Pada kesempatan ini, redaksi ingin mengajak pembaca untuk mengenal salah satu cat cafe yang terdapat di Osaka. Cat cafe yang paling populer adalah 猫の時間北 (Neko no Jikan Kita)  yang terletak di dekat stasiun subway Tenjinbashisuji 6-chome. Cat cafe ini sudah dibuka sejak Maret 2004 dan merupakan cat cafe pertama di Jepang. Lokasinya yang cukup strategis dan di tengah pusat perbelanjaan menjadi salah satu alasan kami untuk berkunjung ke cat cafe ini. Setelah sampai dan mendaftar, kami masuk ke ruang bermain bersama beberapa kucing. Kesan pertama kami saat memasuki area bermain kucing adalah tenang dan nyaman. Kami berkunjung sekitar pukul 2 sore, saat itu tidak banyak orang yang berkunjung sehingga kami sangat menikmati bermain dengan kucing-kucing disana.

Suasana cat cafe yang berbentuk ruangan tatami

Serunya bermain bersama kucing-kucing lucu

Tempat bermain kucing di cafe ini berbentuk kamar tatami tradisional khas Jepang dan cukup luas. Di dalam ruangan, sudah tersedia berbagai macam mainan kucing yang dapat dipakai secara gratis. Cat cafe ini memiliki 18 ekor kucing, diantaranya merupakan exotic breed seperti Burmese, Japanese Bobtail, American Shorthair, dan Bengal.

Beberapa jenis breed kucing di cat cafe

Meskipun staff disini tidak terlalu fasih berbahasa Inggris, namun seluruh petunjuk di cafe ini ditulis dengan bahasa Inggris, sehingga tidak perlu khawatir tentang berbagai aturan di cafe.  Kami cukup puas dengan cat cafe ini, terutama karena suasana yang diberikan sangat nyaman. Kucing-kucing disni juga cukup ramah dan playable. Meskipun beberapa sangat mager dan memilih untuk tiduran sepanjang waktu, tak sedikit pula yang sangat manja dan minta untuk tidur dipangkuan atau sekedar bermanja-manja dengan pengunjung.  Secara keseluruhan, cafe ini cukup recommended. Harga yang dipatok juga tidak terlalu mahal. Untuk menikmati bermain bersama kucing disini kita harus membayar 1100 yen per jam (weekday) atau 1300 yen per jam (weekend). Harga ini sudah termasuk free drink yang akan diberikan setelah waktu kunjungan habis.

Jadi, apabila kamu merasa kesepian dan menginginkan ketenangan jiwa, cat cafe Neko no Jikan Kita dapat menjadi alternatif untuk melepas stress dan relax sejenak. Selamat mencoba!

Penulis dan Foto: Nikko

Editor: Nindya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *