History of the Month – Januari

Tahukah kamu kejadian apa saja yang terjadi selama bulan Januari? Yuk simak sedikit sejarah dunia yang terjadi pada bulan Januari di bawah ini.

 

23 Januari 1849.   Elizabeth Blackwell mendapatkan gelar MD dari Medical Institute of Geneva, New York, sebagai dokter wanita pertama di Amerika.

15 Januari 1929. Martin Luther King lahir di Atlanta, Georgia. Sebagai pemimpin hak-hak sipil keturunan Afrika di Amerika ia memperjuangkan dan menekankan metode anti kekerasan untuk dan menuntut kesetaraan. Ia mendapat Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1964.

7 Januari 1965. Indonesia menyatakan keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Langkah berani itu diambil oleh Presiden Soekarno yang menganggap bahwa PBB merupakan kepanjangan tangan dari bangsa penjajah dan imperialis, karena mulai dari markas besar hingga pejabat tinggi merupakan perwakilan dari Amerika, Inggris dan sekutunya. Di samping itu PBB juga berat sebelah saat terjadi konflik Indonesia dengan Malaysia, hingga lahirlah kata-kata “Inggris kita linggis, Amerika kita Setrika!” dan “Ganyang Malaysia!”.

15 Januari 1974. Terjadi peristiwa Malari, yaitu saat kunjungan Perdana Menteri Jepang Tanaka Kakuei pada tanggal 14-17 Januari 1974. Inti dari demonstrasi tersebut adalah soal penolakan modal asing masuk ke Indonesia. Salah satu tokoh Malari yang terkenal adalah Hariman Siregar yang juga ikut di tangkap dan dipenjara.

20 Januari 1996.  Yasir Arafat terpilih menjadi pemimpin yang dipilih secara demokratis pertama kali oleh rakyat Palestina dengan 88,1% suara. (nindya)

 

 

Sumber  

  1. This month in history. 2017. http://www.historyplace.com/specials/calendar/january.htm
  2. Peristiwa Sejarah Indonesia di Bulan Januari. 2013. http://maslakulfalahklaling.blogspot.jp/2013/01/peristiwa-sejarah-indonesia-di-bulan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *