Osaka University Minoh International Student Dormitory

Dorm milik Osaka University ini terletak di 大阪府箕面市粟生間谷東8−1−1 (Aomatanihigashi 8-1-1, Minoh, Osaka). Dorm ini diperuntukkan bagi mahasiswa penerima beasiswa Monbukagakusho J dan M program (program belajar bahasa Jepang), serta U program (sekolah bahasa Jepang sebagai persiapan sebelum masuk universitas di Jepang). Dorm ini menerima laki-laki dan perempuan, dimana lantai 5 dikhususkan untuk penghuni perempuan. Pendaftaran tidak dibutuhkan untuk memasuki dorm ini karena dorm ini merupakan salah satu fasilitas bagi penerima beasiswa Monbukagakusho. Masa huni dorm ini paling lama 1 tahun tanpa ada perpanjangan ataupun re-entry. Pembayaran dorm cukup mudah karena dapat langsung dilakukan di kantor administrasi yang terletak di dalam dorm. Biaya per bulannya pun tergolong murah, yaitu 22.000 yen/bulan, sudah termasuk fasilitas internet, listrik, air, gas, mesin cuci, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Tipe kamar yang tersedia di dorm ini adalah single room. Perabot yang disediakan oleh pihak dorm antara lain meja belajar, lemari baju (2 buah), rak buku, kasur (dengan sprei dan selimut), AC/heater, dan lampu belajar. Selain itu, ada fasilitas lainnya yang dipakai bersama seperti dapur (tiap lantai ada 1 dapur, lengkap dengan kulkas, microwave, dan kompor gas), toilet, kamar mandi, mesin cuci (2 mesin cuci dan 2 pengering untuk tiap lantai), serta parkir sepeda yang terletak di kawasan dorm. Bagi pengguna mobil atau sepeda motor, tersedia area parkir khusus di dalam area kampus, hanya saja letaknya tidak begitu dekat dari dorm. Jangan khawatir juga soal hiburan karena di dorm ini ada ruang TV, ruang santai, ruang belajar, dan meja ping-pong.

Bagaimana kalau tiba-tiba terserang lapar di malam hari? Tenang. Di dekat dorm ini ada convenience store (Family Mart) yang buka 24 jam dan dapat ditempuh dengan 8 menit jalan kaki. Selain itu, ada juga Garden Mall yang terletak tidak jauh dari Family Mart. Di Garden Mall ada supermarket dimana kalian bisa belanja macam-macam kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, ada juga toko 100 yen (Seria), toko roti, salon, dan restoran. Perlu dicatat kalau Garden Mall tutup sekitar jam 10 malam. Nah, buat kalian yang ingin alternatif makanan, di dekat Toyokawa Station (Osaka Monorail) juga terdapat restoran Sagun yang menjual makanan khas Nepal/India seperti roti nan dan kari. Poin plusnya, semua sajian di restoran ini halal, jadi Muslim friendly.

Dorm ini letaknya sangat dekat dari CJLC Osaka University (sekolah bahasa), cukup 2 menit jalan kaki. Kalau misalnya ingin berkunjung ke kampus Osaka University lain (ada kampus Suita dan Toyonaka), kalian bisa memakai shuttle bus kampus (gratis). Lalu, bila yang beragama Muslim ingin beribadah, bisa langsung naik sepeda ke Mesjid Osaka Ibaraki dengan waktu tempuh 11 menit

Bagi kalian penerima beasiswa Monbukagakusho dan akan ditempatkan di Osaka, tidak perlu khawatir soal tempat tinggal, karena dorm ini termasuk lengkap fasilitasnya dan yang paling penting: murah. Lokasinya yang terletak di kampus Minoh yang tenang dan jauh dari keramaian membuat dorm ini sangat cocok untuk belajar, apalagi bagi kalian yang perlu fokus mendalami bahasa Jepang.

Bagi kalian yang bukan penerima beasiswa Monbukagakusho, sayang sekali kalian tidak bisa masuk ke dorm ini. Tapi jangan berkecil hati, karena PPI-ONews akan membahas dorm-dorm lainnya yang fasilitasnya juga tidak kalah lengkap dan terbuka bagi pelajar umum.

Augie Atqa (Augie)

Edited by: Tamara Larasati (Tamara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *