NAIST Student Dormitory

Salah satu universitas di Nara dengan jumlah pelajar Indonesia yang cukup banyak adalah Nara Institute of Science and Technology (NAIST). Oleh sebab itu, kali ini PPI ON Publisher akan membahas NAIST Student Dormitory untuk kalian semua yang berminat melanjutkan studi di NAIST.

NAIST Student Dormitory beralamat di 630-0101 Takayama Cho 8916-5, Ikoma, Nara. Dorm ini merupakan fasilitas yang disediakan NAIST khusus bagi mahasiswanya, dengan kata lain, setiap mahasiswa yang diterima di NAIST otomatis mendapat spot untuk tinggal di dorm. Masa huni di dorm ini dibatasi sesuai dengan masa studi, yaitu 2 tahun untuk mahasiswa master, 3 tahun untuk mahasiswa doktoral, dan 5 tahun untuk mahasiswa master-doktoral.

Jika ingin menerima tamu menginap, para penghuni wajib melapor ke Student Affairs, dan biasanya direkomendasikan untuk tinggal di Sentan Guest House. NAIST Dorm termasuk dorm yang “ramah” bagi mahasiswa yang sudah berkeluarga karena selain tipe kamar single, terdapat juga tipe couple dan family room. Semua tipe kamar diberi fasilitas kursi, meja belajar, rak buku, lemari, dapur, dan toilet. Untuk tipe single, disediakan pula tempat tidur dan untuk fasilitas bersama ada kamar mandi, mesin cuci, dan lounge. Untuk tipe couple dan family, disediakan kamar mandi dan mesin cuci di dalam kamar.

Harga dorm di NAIST sangatlah terjangkau, yaitu 10.000 yen untuk tipe single, 13.100 yen untuk tipe couple 1, 13.500 yen untuk tipe couple 2, dan 14.200 yen untuk tipe family. Biaya tersebut sudah termasuk sewa bulanan dan biaya manajemen gedung, dibayar dengan sistem transfer otomatis dari rekening bank. Biaya listrik, gas, dan air dibayar sendiri oleh penghuni.

NAIST Dorm bertujuan untuk mendukung penelitian para mahasiswanya, di setiap kamar disediakan fasilitas internet LAN untuk akses ke NAIST network, digital library, dan research network lainnya. Akses dari dorm ke kampus juga relatif dekat, yaitu 3-5 menit dengan sepeda atau 5-10 menit jalan kaki. Tidak adanya jam malam di dorm ini juga memungkinan para penghuninya untuk melakukan penelitian hingga larut malam.

Meskipun akses ke kampus sangat mudah, akses ke kebutuhan sehari-hari, terutama produk halal, agak sulit karena letak supermarket yang relatif jauh. Salah satu supermarket yang menjual produk halal adalah Gyomu Supermarket yang dapat ditempuh dengan bersepeda. Untuk supermarket terdekat lainnya ada Gourmet City (15-20 menit jalan kaki), AEON (30-35 menit jalan kaki/10 menit bis/15 menit sepeda), serta Okuwa (30-35 menit jalan kaki atau 5 menit dengan bis). Untuk sayuran dan buah-buahan dengan harga murah, dapat berbelanja di Obachan setiap hari Selasa. Untuk jajanan dan keperluan kecil lainnya, kita dapat berjalan 10 menit ke Lawson, NAIST Cafeteria, atau 5 menit jalan kaki ke Toko Kuning. Restoran makanan siap saji hanya tersedia di AEON Mall.

Website resmi dorm: http://www.naist.jp/campus-student/e03_02_e.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *