Nara Women’s University International House & Student International House

Nara Women’s University (Nara Joshi Daigaku – 奈良女子大学) adalah kampus negeri khusus perempuan yang berlokasi di kota Nara, Prefektur Nara. Seperti universitas-universitas lain di Jepang, Nara Women’s University memberikan fasilitas kepada mahasiswa internasional berupa asrama. Terdapat dua asrama untuk mahasiswa internasional, yakni International House (Kokusai Kouryuu Kaikan – 国際交流会館) dan International Student House (Kokusai Gakusei Shukusha – 国際学生宿舎). Dua asrama ini menjadi pilihan utama mahasiswa maupun peneliti internasional di Nara Women’s University karena fasilitasnya yang baik dan lokasinya yang strategis.

  1. International House (Kokusai Kouryuu Kaikan – 国際交流会館)

International House dibuka pada bulan April 1988 sebagai tempat tinggal khusus bagi mahasiswa dan peneliti internasional di Nara Women’s University. Asrama ini terletak di Nara-shi, Kitakoujicho, Kanyuchi 630-8252, dengan luas bangunan 1.508 m2.  Asrama ini terdiri atas  40 single room, dua couple room, dua family suite, kantor, lounge, counseling room, recreation room, laundry, dan tempat parkir sepeda.

Di lantai satu terdapat kantor asrama, lounge (48,6 ㎡), counseling room, Japanese-style room (32,4 ㎡), recreation room (105,8 ㎡), dapur bersama (14,1 ㎡), dua single room untuk mahasiswa (16 ㎡), tiga single room untuk peneliti A (16 m2), satu single room untuk peneliti B (18 m2), satu couple room (41 m2), dan satu family suite (61 m2).

Di lantai dua, terdapat 22 single room untuk mahasiswa (16 ㎡), dapur bersama (36,7 m2), dan laundry (18,9 m2).

Di lantai tiga terdapat 12 single room untuk mahasiswa (16 ㎡), dapur bersama (32,4 m2), dan laundry (16,2 m2).

1.1 Fasilitas Kamar

Tipe Kamar Fasilitas
Single Room (Mahasiswa) Meja belajar, loker, kursi, lampu belajar, meja dapur, lemari buku, lemari pakaian, kasur, lemari untuk perkakas dapur, kulkas, vacuum cleaner, lemari sepatu, kamar mandi (western style toilet, shower, bath tub), air conditioner, pemanas air elektrik, gorden, dan lain-lain.
Single Room (Peneliti) Meja belajar, loker, kursi, lampu belajar, meja dapur, tempat mencuci piring, kompor elektrik, lemari buku, lemari pakaian, kasur, lemari untuk perkakas dapur, kulkas, vacuum cleaner, lemari sepatu, kamar mandi (western style toilet, shower, bath tub), air conditioner, pemanas air elektrik, gorden, dan lain-lain.
Couple Room dan Family Suite Meja belajar, loker, kursi, lampu belajar, meja dapur, lemari buku, lemari pakaian, kasur, lemari untuk perkakas dapur, tempat mencuci piring, kompor gas, microwave, kulkas, meja dan kursi makan, vacuum cleaner, televisi, mesin cuci, lemari sepatu, kamar mandi (western style toilet, shower, bath tub), air conditioner, pemanas air elektrik, gorden, ruang tamu, dan lain-lain.

Single Room

1.2 Fasilitas Bersama

Fasilitas bersama yang terdapat di asrama ini antara lain tempat parkir sepeda, dapur, ruang laundry, lounge, Japanese-style room, recreation room, dan counseling room. Fasilitas dapur dilengkapi dengan tempat cuci piring, kompor elektrik, microwave, dan rak tempat menyimpan alat-alat memasak. Ruang laundry terdapat di lantai dua dan lantai tiga asrama dan lengkap dengan mesin cuci koin 100 yen dan setrika.

Japanese-style room dan recreation room dapat dimanfaatkan secara free oleh penghuni asrama dengan mendaftar terlebih dahulu ke bagian International Division Office. Sedangkan Lounge dapat dimanfaatkan oleh seluruh penghuni secara bebas tanpa mendaftar terlebih dahulu ke bagian International Division Office. Bagi penghuni yang membutuhkan fasilitas komputer ataupun sekedar ingin menonton Televisi dapat memanfaatkan fasilitas counseling room secara bebas. Fasilitas-fasilitas tersebut juga bisa sebagai pengganti ruang tamu karena para penghuni tidak diperbolehkan membawa tamu ke dalam kamar. Jadwal piket bagi penghuni asrama telah ditetapkan oleh bagian International Division Office untuk membersihkan fasilitas-fasilitas tersebut secara terjadwal.  

1.3 Masa Tinggal

Masa tinggal di asrama ini adalah satu setengah tahun. Mahasiswa dapat memperpanjang masa tinggal hingga enam bulan, sedangkan peneliti dapat memperpanjang masa tinggal hingga satu tahun. Penghuni yang ingin memperpanjang masa tinggal dapat mendaftar ke International Division Office dua bulan sebelum masa tinggal berakhir.

1.4 Biaya Sewa

Single Room Couple Room Family Suite
Deposit 10.000 yen 20.000 yen 25.000 yen
Cleaning Fee 10.000 yen 20.000 yen 25.000 yen
Room Fee 5.900 yen/ bulan 11.900 yen/ bulan 14.200 yen/ bulan

Deposit dan cleaning fee dibayar ketika pertama kali masuk ke asrama. Deposit akan dikembalikan kepada penghuni asrama apabila peghuni keluar dari asrama. Biaya-biaya tersebut belum termasuk biaya listrik, air, dan gas. Besaran biaya listrik, air, dan gas tergantung pada jumlah pemakaian penghuni asrama.

Untuk mahasiswa, biaya sewa kamar harus dibayar ke Financial Division of Nara Women’s University sebelum tanggal 20 setiap bulan. Sedangkan untuk peneliti, batas waktu biaya sewa disesuaikan dengan tagihan yang dikeluarkan oleh Financial Division of Nara Women’s University. Biaya sewa dibayarkan di bagian Financial Division  atau melalui Sumitomo Mitsui Banking Corporation. Untuk biaya listrik, dibayarkan secara pribadi di convenience store atau di kantor pos terdekat, sedangkan untuk biaya air dan gas dapat dibayar langsung di International Division Office (harus dibayar dengan uang pas).

  1. International Student House (Kokusai Gakusei Shukusha – 国際学生宿舎)

Secara umum, bangunan berlantai lima yang terletak di Nara-shi, Handayokomachi 14 630-8284 ini dibagi menjadi dua bagian, yakni kishukuryou (寄宿) dan International Student House. Kishukuryou diperuntukkan bagi mahasiswi Nara Women’s University yang duduk di tahun pertama dan kedua dengan jumlah maksimal penghuni adalah 150 orang. Sedangkan International Student House diperuntukkan bagi mahasiswi tahun ketiga dan keempat serta mahasiswi asing dengan jumlah maksimal penghuni adalah 190 orang. Masa tinggal di asrama ini adalah dua tahun.

2.1 Fasilitas Kamar

Seluruh kamar yang disediakan adalah single room dengan luas setiap kamar adalah 14 ㎡. Failitas di dalam kamar antara lain meja belajar, loker, kursi, lampu belajar, meja dapur, lemari buku, lemari pakaian, kasur, lemari untuk perkakas dapur, kulkas, lemari sepatu, kamar mandi (western style toilet, shower, bath tub), air conditioner, pemanas air elektrik, gorden, dan lain-lain.

2.2 Fasilitas Bersama

Fasilitas antara lain parkir sepeda, dapur, ruang laundry, lounge, Japanese-style room, dan multi-purpose room.

2.3 Biaya Sewa

Biaya sewa asrama tiap bulan adalah 4.700 yen. Cleaning fee yang harus dibayar saat keluar dari asrama adalah 8.000 yen dan common service fee yang harus dibayar setiap bulan kurang lebih 4.000 yen. Biaya-biaya tersebut di luar biaya listrik. Sedangkan biaya internet tiap bulan adalah 2.880 yen (2.160 yen untuk bulan pertama).

  1. Prosedur Pendaftaran Calon Penghuni Asrama

Bagi mahasiswa asing yang tertarik untuk mendaftar sebagai penghuni asrama, baik International House maupun International Student House, dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu di International Division Nara Women’s University, tiga hingga empat bulan sebelum tiba di asrama. Pada kondisi tertentu, apabila jumlah peminat asrama cukup banyak, pihak International Division akan menyeleksi calon penghuni terlebih dahulu.

  1. Akses dan Transportasi

Untuk menuju kampus Nara Women’s University hanya perlu berjalan kaki sekitar 3-4 menit. Di samping itu, lokasi International House dan International Student House dapat dikatakan sangat strategis karena berada di tengah-tengah pusat kota Nara. Hanya perlu berjalan kaki kurang lebih 10 menit untuk menuju stasiun Kintetsu Nara dan 15 menit untuk menuju stasiun JR Nara. Selain itu, kedua asrama ini dikelilingi banyak halte bus, kantor pos, ATM, bank, dan convenience store (Seven Eleven dan Lawson). Supermarket PAKET yang menjadi tempat favorit para penghuni asrama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat ditempuh dalam waktu 10 menit berjalan kaki dari asrama. Fasilitas kesehatan berupa klinik dokter umum dan dokter gigi juga banyak terdapat di sekitar kedua asrama ini. Tak hanya itu, objek wisata favorit khas Nara, yakni Nara Park, Kuil Todaiji, Wakakusayama, Isuien Garden, Kuil Kohfukuji, Kuil Kasuga Taisha, Nara National Museum, dan lain sebagainya dapat ditempuh dengan berjalan kaki, sekitar 15-30 menit dari asrama. Bagi mahasiswa yang gemar berbelanja, terdapat Higashimuki Shopping Street yang hanya membutuhkan waktu 10 menit dari asrama. Bagi mahasiswa internasional yang perlu mengurus administrasi, Nara City Hall dan kantor imigrasi dapat ditempuh 10 menit hingga 15 menit dengan bus.

Namun demikian, bagi mahasiswa muslim, cukup sulit menemukan tempat makan halal atau toko bahan makanan halal di sekitar asrama. Mahasiswa muslim Nara Women’s University biasanya mengunjungi OK Gyomu Supermarket yang terletak di daerah Shin-Omiya. Supermarket ini menjual bahan makanan halal dengan harga yang terjangkau. Fasilitas ibadah, seperti masjid atau mushola juga sulit ditemukan di kota ini. Akan tetapi, pada awal tahun 2016, pemerintah Nara membuka prayer room di stasiun JR Nara.

(Alifia Masitha Dewi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *