Osaka University Seimei Dormitory

Sebuah asrama milik Osaka University yang beralamat di 560-0056 Toyonaka-shi, Miyayama Cho 3-24-1. Hanya berjarak 5 menit jalan kaki dari kampus Toyonaka. Jika ingin ke Kampus Suita atau Minoh bisa menggunakan shuttle bus kampus (gratis) dari halte dekat perpustakaan.

Seimei Dorm adalah asrama khusus mahasiswa laki-laki Osaka University. Penghuninya mulai dari mahasiswa Jepang hingga mahasiswa internasional. Karena khusus laki-laki, teman perempuan yang berkunjung hanya diperbolehkan sampai lobi saja. Namun karena pengurus asrama hanya ada hari Senin-Jumat hingga jam 19:00, terkadang ada saja mahasiswa yang menginapkan teman lawan jenis. Tentu saja ini tidak dianjurkan, karena penghuni lain bisa melaporkan dan berujung dikeluarkan dari asrama.

Masa tinggal di Seimei Dorm berbeda-beda, biasanya untuk mahasiswa dengan beasiswa Monbukagakusho hanya diizinkan tinggal selama 5 bulan, sedangkan mahasiswa lainnya bisa hingga 1 tahun. Sebelum keluar asrama, kita harus memberi pemberitahuan keluar minimum 1 bulan sebelumnya. Disarankan 2 bulan sebelumnya sudah mulai mencari apartemen untuk pindah. karena mencari apartemen baru merupakan proses yang cukup panjang dan tidak mudah.

Biaya sewa Seimei Dorm untuk 1 bulan sebesar ¥15.000 dan sudah termasuk biaya listrik, air, dan internet sepuasnya. Harga sewa yang murah inilah yang menjadi daya tarik utama bagi mahasiswa Osaka University. Saat pertama kali datang, kita diharuskan untuk membayar uang sewa untuk 2 bulan. Maksudnya adalah 1 bulan untuk biaya sewa bulan pertama dan sisanya untuk jaminan. Jadi di akhir masa tinggal uang jaminan bisa diambil lagi atau digunakan sebagai pembayaran di bulan terakhir setelah sebelumnya diskusi terlebih dahulu dengan pengurus asrama.

Fasilitas di Seimei Dorm terbilang cukup lengkap,perabot kamar terdiri dari kasur, meja, kursi, lemari, rak, telepon, dan AC. Sprei dan jasa cuci sprei disediakan juga oleh asrama. Kita hanya cukup mengembalikan sprei yang kotor dan mengambil sprei baru di tempat yang telah disediakan. Sedangkan untuk dapur, terdapat satu dapur di setiap lantai untuk digunakan bersama. Di dapur tersedia kompor gas, kulkas, dan microwave. Untuk peralatan masak seperti wajan, piring, gelas, dan alat makan lainnya harus disiapkan sendiri. Namun tidak usah khawatir karena biasanya banyak peralatan yang ditinggalkan oleh penghuni sebelumnya yang bebas untuk diambil. Begitu sampai di asrama meskipun lelah setelah perjalanan panjang saya anjurkan untuk sesegera mungkin mengambil “warisan” peralatan masak tersebut karena berlaku hukum “siapa cepat dia dapat”.

Fasilitas lain yang tersedia di Seimei Dorm adalah ofuro atau kamar mandi untuk berendam, serta shower room terpisah sebanyak 7 buah untuk dipakai semua penghuni. Semua fasilitas ini bebas digunakan selama 24 jam tanpa biaya tambahan. Selain itu ada juga ruang fitness dengan peralatan yang cukup lengkap. Namun hanya mahasiswa yang terdaftar di klub olahraga kampus saja yang boleh menggunakan fasilitas tersebut. Untuk acara bersama atau party bisa dilakukan di ruangan serbaguna dekat lobi setelah sebelumnya meminta izin pakai ke pengurus.

Fasilitas lain yang tidak kalah penting adalah tempat parkir sepeda dan sepeda motor, kemudian rak sepatu dan kotak surat. Keuntungan lain dari Seimei Dorm adalah pengurus dorm akan menerima barang atau paket kiriman baik dari negara asal atau online shop. Jadi tidak perlu khawatir walaupun kita tidak ada di tempat, paket akan tetap diterima.

Kalau butuh jajan, cukup dengan 3 menit jalan kaki kalian bisa belanja di konbini (convenience store) 7 Eleven. Untuk sayuran dan lainnya ada supermarket Hankyu Oasis sekitar 10-15 menit jalan kaki ke arah utara. Di sekitar sana juga terdapat toko dan restoran, seperti McDonald, Nitori untuk keperluan furniture, beberapa restoran udon, dan lain-lain. Daging halal bisa dibeli dari supermarket Gyomu dengan harga relatif lebih murah dibanding supermarket lain. Namun  jaraknya cukup jauh. Ada dua supermarket Gyomu yang bisa dikunjungi, caranya bisa menggunakan bis hankyu nomor 92 dari halte Hanjo , turun di halte Shibanishi dengan ongkos sebesar ¥220, atau halte Minoh Bouchimae untuk Gyomu lainnya dengan ongkos ¥240. Saat menuju Gyomu bis akan melewati rute 171 yang merupakan jalan negara penghubung Osaka-Kyoto. Jadi tidak heran jika di sepanjang jalan terdapat banyak restoran, department store, dan toko-toko lainnya.

Samsul Maarif (Samsul)

Edited by: Tamara Larasati (Tamara)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *