Osaka University Suita International Student Dormitory

Dorm milik Osaka University yang terletak di Satsukigaoka-Kita, Suita ini diperuntukkan bagi mahasiswa laki-laki yang baru terdafar sebagai mahasiswa di Osaka University. Untuk dapat tinggal di asrama ini, secara resmi sebenarnya perlu mendaftar melalui RSS (Residence Reservation System) di website Support Office Osaka University. Masa huni yang diperbolehkan maksimum 1 tahun (untuk penerima beasiswa Monbukagakusho, maksimal hanya 6 bulan). Aplikasi dapat dilakukan dari 3 bulan sampai 14 hari sebelum tanggal perkiraan masuk dorm. Biaya bulanan dorm adalah 26.000 yen sudah termasuk listrik, air, dan internet sepuasnya. Di bulan pertama, mahasiswa harus membayar 60.400 yen untuk pembayaran bulan pertama dan bulan terakhir sekaligus. Biasanya, pembayaran akan dilakukan dengan dipotong langsung dari rekening bank. Jangan lupa bahwa biaya dorm dihitung bulanan, jadi walaupun tinggal kurang dari 1 bulan, maka mahasiswa harus tetap membayar biaya 1 bulan penuh.

Dorm ini baru saja direnovasi pada tahun 2013 lalu sehingga kondisi bangunan masih baru dengan fasilitas yang cukup memadai. Dorm terdiri dari 3 lantai dengan kapasitas 76 single room (luas sekitar 12m2). Tiap kamar, walaupun tidak terlalu luas, memiliki fasilitas kulkas, AC, lampu dan meja belajar, lemari pakaian, lemari barang, tempat tidur ukuran single, dan kamar mandi dengan shower. Toilet ada di luar kamar (ada 4 toilet di tiap lantai). Dorm juga menyediakan sprei dan sarung bantal bersih di depan pintu masuk. Dapur bersama memiliki 4 buah kompor elektrik (wajannya khusus lho, yg ada tulisan “IH”). Untuk keperluan cuci-mencuci, disediakan 4 mesin cuci di tiap lantai. Selain itu, dorm ini juga punya ruang tengah di lantai 1 dengan perpustakaan mini, sofa, televisi, dan meja ping-pong. Biasanya ruangan ini digunakan untuk belajar atau untuk pesta. Bila hendak mengadakan pesta yang mengundang banyak tamu non-penghuni, maka harus meminta ijin tertulis terlebih dahulu ke pihak dorm dan universitas. Fasilitas lain yang dipunyai adalah parkir sepeda yang terletak di samping dorm. Parkir ini cukup luas dan tiap lantai punya tempat parkir sendiri (jangan lupa mendaftarkan sepeda ke dorm).

Dorm ini punya manajer dorm yang selalu siap siaga di kantor dari jam 1 siang sampai jam 8 malam. Manajer akan mengurus semua keperluan penghuni, termasuk menerima paket atau surat-surat. Biasanya, manajer akan menaruh pesan di kotak pos kamar bila ada kiriman paket/surat/pemberitahuan khusus kepada penghuni yang bersangkutan.

Ada lumayan banyak tempat makan atau supermarket di sekitar dorm. Yang paling dekat adalah Lawson, McDonald, dan juga supermarket Fresco. Bila kita berjalan ke arah kanan dorm, kita dapat menemukan beberapa supermarket, restoran cepat saji (seperti Sukiya), toko 100 yen, dan juga beberapa toko lainnya. Selain itu, ada Baskin- Robin yang persis terletak di sebelah dorm (sebelum lampu merah).

Akses menuju kampus Suita, Osaka University dapat ditempuh melalui beberapa cara:

  1. Kombinasi bis dan kereta. Ada dua halte bis paling dekat dari dorm. Jalan ke arah kanan (depan Fresco department store) dan jalan ke arah kiri (halte setelah lampu merah Lawson). Dari halte itu, naek bis yang menuju Minamisenri Station, (210yen; 10 menit). Setelah itu naik kereta dari platform 1 menuju Kitasenri (2 stasiun dari Minamisenri), (150 yen; 5menit). Dari Kitasenri, bisa jalan kaki menuju kampus sekitar 15-20 menit. Untuk jalur pulang maka bisa naik bus dari halte Minamisenri, #5 Hankyu bus, JR Suita Line atau JR Kishibe Line lalu turun di “Satakedai-6-chome” dari halte tersebut, jalan sekitar 5 menit menuju dorm. Kalau kita memilih tiap hari naik kereta, dianjurkan untuk membeli tiket langganan (定期券 – teikiken) untuk kereta Hankyu. Caranya, minta kartu student discount di sekretaris department, kemudian pakai kartu tersebut untuk membeli tiket langganan dari Minamisenri-Kitasenri seharga 150yen untuk sekali jalan. Kita bisa membeli tiket langganan untuk 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan. Diskon tiketnya mencapai 75% lho. Tiket bisa dibeli di Kitasenri Station. Tiket itu bisa dipakai setiap hari sepuasnya untuk rute Minamisenri-Kitasenri, jadi kita bisa bolak-balik berapa kali pun dalam sehari tanpa harus membayar lagi. Perlu diingat, tiket langganan ini hanya berlaku untuk rute yang sudah ditentukan saja.
  2. Kombinasi jalan kaki dan kereta. Jalan kaki dari dorm ke kampus Suita tidak dianjurkan karena cukup jauh yaitu sekitar 5km (ditempuh 1 jam lebih) sehingga lebih baik jalan kakinya sampai Minamisenri Station saja, kemudian dilanjutkan naik kereta menuju Kitasenri dan jalan kaki menuju kampus Suita. Total waktu tempuh sekitar 50-60 menit.

  3. Sepeda. Bila naik sepeda, jarak yang ditempuh lumayan jauh, kurang lebih sekitar 5km, ditempuh dalam waktu 20-30 menit. Bila melalui jalur Minamisenri-Kitasenri, maka kondisi jalannya naik turun. Jalanan akan naik sekitar 2 km pertama dari dorm ke perempatan Minamisenri Station, setelah itu belok kanan lalu ikuti jalan (jalanan turun) sampai ketemu pertigaan dengan pompa bensin di sebelah kiri, dari sana belok kiri lalu lurus sekitar 1,5 km sampai perempatan Kitasenri Station, lalu belok kanan dan jalan lurus sekitar 1 km. Jalurnya lumayan oke untuk olahraga.

Athanasius Wrin (Pink)

Edited by: Tamara Larasati (Tamara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *