Osaka University Toyonaka Campus International House

Toyonaka International House, selanjutnya disebut iHouse, adalah salah satu asrama yang berlokasi di dalam kampus Toyonaka, Osaka University, tepatnya beralamat di 1-18 Machikaneyama-cho, Toyonaka. Asrama ini menjadi salah satu favorit mahasiswa karena lokasi, harga, dan fasilitas yang tersedia. iHouse terdiri dari tiga bangunan (A, B dan C). Asrama A dan B diperuntukkan bagi international scholar (misalnya postdoctoral fellows, visiting professors, dll), sedangkan asrama C diperuntukkan bagi mahasiswa asing lainnya. Biaya sewa untuk asrama A dan B lebih mahal dibandingkan dengan asrama C, tetapi fasilitas yang ditawarkan juga lebih lengkap dan kondisi gedung lebih baru. Untuk asrama C, biasanya lebih sulit untuk mendapatkan kamar ukuran single, dibandingkan dengan kamar bagi couple/keluarga. Pihak iHouse akan mengkonfirmasikan status mahasiswa (single/couple/keluarga) kepada dosen yang bersangkutan sehingga mahasiswa tidak mungkin berbohong pada saat melakukan pendaftaran.

Pendaftaran asrama ini dapat dilakukan sepanjang tahun melalui Residence Reservation System (RSS) minimum 3 bulan dan maksimum 14 hari sebelum tanggal masuk asrama. Masa huni asrama ini adalah maksimum 1 tahun tanpa perpanjangan dan tanpa re-entry. Khusus untuk penerima beasiswa Monbukagakusho, masa huni maksimum adalah 6 bulan. Saat pertama kali masuk dorm, akan ada biaya yang harus dibayar tergantung tipe kamar yang dipilih. Untuk kamar tipe single biaya awalnya adalah 18.000 yen, untuk tipe couple 22.000 yen, dan untuk tipe family 27.000 yen.

Pembayaran biaya sewa tiap bulan dilakukan paling lambat tanggal 17 di kantor administrasi asrama. Biaya sewa juga berbeda-beda tergantung tipe kamar, utk kamar tipe single biaya sewanya adalah 10.000 yen, untuk couple 14.000 yen dan untuk family 16.000 yen. Biaya ini belum termasuk biaya common service expense sebesar 2.100 yen tiap bulan. Tetapi, biaya sewa sudah meliputi listik, air, gas, dan internet sepuasnya.

Fasilitas yang terdapat di asrama (asrama C) juga terbilang lengkap. Di dalam kamar sudah tersedia AC, air panas, dapur dengan kompor gas, kulkas, kamar mandi, toilet, kasur, serta lemari. Fasilitas pendukung lainnya seperti ruang serbaguna, lounge, dan ruang konsultasi juga dapat ditemukan di asrama ini. Selain itu, asrama ini juga dilengkapi dengan parkir sepeda dan sepeda motor, sedangkan untuk mobil tidak diperbolehkan untuk parkir di kawasan asrama kecuali tamu.

Karena lokasinya yang berada di dalam kampus Toyonaka, maka akses untuk menuju ke laboratorium/area kampus dapat dilakukan dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Bila ingin bepergian ke kampus Osaka University yang lain, maka kalian bisa menggunakan shuttle bus gratis yang disediakan oleh pihak universitas (kecuali hari Sabtu, Minggu, dan hari libur/universitas). Jarak dorm dan area kampus yang sangat dekat juga memberi kalian kemudahan dalam menggunakan fasilitas kampus seperti perpustakaan, kantin, bank, kantor pos, toko alat tulis, dll.

Buat kalian yang stress karena tugas kuliah atau penelitian, jangan khawatir karena pusat hiburan dan makanan bisa diakses sekitar 15-20 menit dengan berjalan kaki menuju Ishibashi Station. Di kawasan Ishibashi, ada berbagai macam restoran cepat saji atau restoran ala Jepang lainnya yang dapat menjadi alternatif saat malas masak atau sekedar bosan dengan makanan kantin. Selain itu, ada banyak juga hiburan-hiburan lain seperti tempat bowling, game center, karaoke, dan dll. Ishibashi Station tepat dilalui oleh Ishibashi Street Market dimana kalian bisa menemukan penjual makanan, toko kue, convenience store, bank, salon, dokter gigi, drug store, dan lainnya. Dengan kata lain, hampir semua jawaban dari kebutuhan pelajar dapat ditemui di sini.

Nurmalia Hardady

Edited by: Tamara Larasati (Tamara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *