Osechi Ryouri itu Apa Sih?

Apakah kalian memiliki kebiasaan khusus yang selalu kalian lakukan setiap pergantian tahun bersama keluarga? Di Indonesia, perayaan menyambut tahun baru mungkin berbeda di setiap daerahnya. Mungkin kalian juga memiliki berbagai hidangan khusus yang biasa dinikmati di tahun baru.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai salah satu budaya orang Jepang saat menyambut tahun baru. Masyarakat Jepang pada umumnya menyantap osechi ryouri di tahun baru. Osechi ryouri (おせち料理) adalah hidangan yang terdiri dari berbagai jenis makanan warna – warni yang dihidangkan di dalam kotak bento bertingkat yang disebut ojubako. Jenis makanan yang ada dalam satu hidangan mungkin berbeda – beda, namun pada umumnya jenis isi osechi ryouri sama. Satu keluarga biasanya membeli satu ojubako dan menikmatinya bersama – sama semua anggota keluarga untuk merayakan tahun baru. Setiap makanan yang ada di dalam osechi ryouri memiliki artinya tersendiri. Kotak ojubako yang bertingkat juga merupakan simbol untuk harapan bahwa kebahagiaan dan kekayaan akan datang terus menerus seperti kotak yang bertingkat tersebut. Biasanya ojubako terdiri dari satu sampai empat tingkat.

Ojubako (sumber: www.ryuuha-wajima.net)

Osechi ryouri merupakan hidangan yang dipersembahkan untuk dewa keberuntungan atau dalam bahasa Jepang disebut sebagai Toshigami – sama (年神様), agar dewa tersebut datang ke rumah dan memberikan setiap anggota keluarga keberuntungan dan kebahagiaan. Setiap makanan dalam osechi ryouri dimasak sedemikian rupa sehingga tahan lama. Mengapa? Karena dahulu saat lemari es belum umum digunakan oleh masyarakat Jepang, setiap tanggal 31 Desember para istri dan ibu membuat masakan yang bisa tahan dua sampai tiga hari sampai tanggal 3 atau 4 Januari, karena pada saat itu semua penjual makanan libur.

Walaupun sekarang teknologi sudah maju dan banyak restoran yang tetap buka di tanggal 1 dan 2 Januari, kebiasaan membuat osechi ryouri itu masih hidup sampai sekarang.

Osechi Ryouri (sumber: en.wikipedia.org)

Berikut ini adalah beberapa makanan yang populer ditemukan dalam osechi ryouri beserta artinya :
1. Kacang hitam (kuromame 黒豆)

Kuro mame (sumber : matome.naver.jp)

Dalam bahasa Jepang terdapat sebuah permainan kata mame ni hataraku, yang artinya adalah bekerja keras. Kuromame merupakan makanan yang menyimbolkan permohonan agar orang yang memakannya dapat selalu sehat, kuat dan semangat sehingga dapat bekerja sepanjang tahun.

2. Herring roe (kazu no ko数の子)

Kazu no Ko (sumber: xn--t8j8as81apa45akcb2142sygh.jpn.com/entry1.html)

Makanan ini terbuat dari telur ikan roe. Makanan ini menyimbolkan permohonan agar dikaruniai banyak keturunan, seperti telur – telur ikan yang banyak terkandung di dalamnya.

3. Kuri kinton (栗きんとん)

Kuri Kinton (sumber: kenkoulog.com)

Kuri kinton memiliki warna emas yang menyerupai harta yang bersinar, sehingga makanan ini menyimbolkan permohonan untuk kemakmuran dan keberuntungan dalam pertandingan.

4. Teriyaki Yellowtail fish (buri no teriyaki 鰤の照り焼き)

Buri no Teriyaki (sumber: dietmotivation.net)

Ikan Buri dikenal sebagai ikan yang berubah nama saat bertumbuh besar, sehingga ikan ini melambangkan permohonan agar diberikan kesuksesan dalam hidup.

6. Rumput laut gulung (kobumaki 昆布巻き)

Kobumaki (sumber: yaseru-yasetai-diet.com)

Rumput laut merupakan bahan masakan utama dalam berbagai masakan Jepang. ‘Kobu’ atau rumput laut memiliki bunyi yang mirip dengan ‘yorokobu’ yang artinya adalah ‘menjadi senang’ sehingga dipercaya membawa keberuntungan. Arti makanan kobumaki adalah untuk memohon keturunan.

7. Udang (Ebi 海老)

Ebi (sumber: osetituuhann.com)

Udang yang memiliki kumis panjang menyerupai kakek – kakek dan buntut yang melengkung menyerupai punggung bungkuk orang tua, sehingga makanan ini merupakan simbol permohonan agar panjang umur.

8. Fish Cake with Salmon Roe (kamaboko 蒲鉾)

Kamaboko (sumber: taketoku.com)

Kamaboko yang berbentuk seperti matahari terbit merupakan makanan wajib di dalam osechi ryouri. Warna merah di bagian atas kamaboko melambangkan kegembiraan dan warna putih di bagian dalamnya melambangkan kesucian.

9. Burdock root seasoned with sesame (tataki gobou 叩き牛蒡)

Tataki Gobou (sumber: blog.goo.ne.jp)

Akar burdock yang menembus ke dalam tanah melambangkan permohonan agar pondasi keluarga terus kuat dan solid.

10. Telur gulung (Datemaki 伊達巻)

Datemaki (sumber: taspy.jp)

Kebanyakan dokumen dan buku di Jepang pada zaman dahulu berbentuk gulungan, sehingga bentuk datemaki yang seperti gulungan dokumen ini melambangkan permohonan untuk bertambahnya pengetahuan dan kepintaran orang yang memakannya.

Tentu saja, selain masakan di atas masih ada beberapa jenis makanan lain yang merupakan salah satu osechi ryouri. Pada umunya, satu keluarga menyantap 20 sampai 30 jenis makanan osechi ryouri. Ada yang dibeli sebelum malam tahun baru, ada juga keluarga yang membuat sendiri beberapa menu osechi keluarga mereka.

Bagaimana dengan tradisi makanan tahun baru di keluargamu?

Penulis: Audi

Editor: Tamara

Sumber artikel :
Just One Cookbook website
http://www.justonecookbook.com/
Kibun website
www.kibun.co.jp
Oisix Website
www.oisix.com
The Japan Times [Impress your hosts with osechi meanings], Minoru Matsutani, 5 Januari 2014
http://www.japantimes.co.jp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *