Photos of the month – Maret & April (Hanami Photo Contest)

‘We fell asleep on a bench,

leaning on each other

the sweet cherry blossom colors the clear sky

I wish it was always like this’

 

Yep. Spring always feels that nice.

Bagi saya pribadi yang belum pernah merasakan tinggal di negeri empat musim sebelumnya, saya tidak pernah merasa feels related much dengan being grateful of spring arrival. Bagaimana ya.. kita yang berasal dari negara tropis dengan temperature yang relative stabil sepanjang tahun mungkin tidak bisa merasakan “how cold winter is”. Saya sendiri, agak underestimate dengan winter pertama saya tahun ini. Emang sedingin apa sih, itu yang saya pikirkan ketika masuk musim gugur yang masih anget-anget kuku begitu.

Dan ternyata ketika winter beneran datang, saya… beneran beku.

Namun setelah winter dengan segala up and down-nya itu, datanglah musim semi. Ketika temperatur perlahan naik, hujan (bukan hujan mix es dan air ya, cuma hujan air) sering turun dan udara jadi agak moist, perlahan saya merasa related dengan perasaan how nice spring is. Hal-hal kecil yang terjadi di musim semi, misal, akhirnya kita bias melihat lagi matahari terbit tanpa harus terhalang hazy fog lagi, atau, ketika kita bisa melihat sekitar kita lebih ‘hijau’dan bisa menikmati suasana outdoor tanpa harus mengeluh kedinginan, atau, simply ketika kita tidak perlu repot-repot memakai baju berlapis-lapis lengkap dengan beanie, sarung tangan, dan syal..

It feels.. blessed..

Apalagi dengan kehadiran bunga sakura, atau, dalam bahasa inggrisnya, cherry blossom..

Warnanya yang agak-agak pucet pink itu lho… never fails to make us stunned..

Mungkin nggak cuma saya ya yang merasakan blessing of spring begini.. mungkin beberapa dari temen-temen PPI-ON yang mungkin rada-rada mellow juga merasakan hal yang sama.. hehe..

Nah, sambil melanjutkan tradisi hanami PPI-ON dan photo contest yang diselenggarakan setiap tahun, panitia PPI-ON tahun ini ceritanya mengadakan lomba yang sama. Tema yang dipilih tahun ini?

Blessing in Spring

Jadi ceritanya kita menginginkan temen-temen PPI-ON untuk menceritakan dan membagi pengalaman musim seminya dan feeling blessing-nya dengan kita dalam bentuk foto.

Photo contest ini diselenggarakan pada bulan Maret-April 2017. Dan seperti tradisi tahun lalu, pemenang lomba diumumkan pada acara puncak serangkaian acara musim semi PPI-ON, yaitu…. Hanami PPI-ON 2017.

Pada awalnya, panitia merasa deg-deg-an karena H-3 deadline lomba yaitu tanggal 7 April 2017, antusiasme warga PPI-ON dalam mengumpulkan foto.. agak.. hmm… unexpected. Tapi alhamdulillah, beberapa hari setelahnya, email panitia photo contest dibanjiri dengan.. foto-foto luar biyasak dari para teman-tman PPI-ON! Total ada 35 foto terkumpul, dan semuanya… bagus-bagus, pake banget!

Jujur para reviewer dari photo contest kali ini sempat kebingungan memilih pemenang. Kalau boleh mengutip dari pendapatnya Uni Tia, salah satu reviewer, “banyak banget nih foto yang nyangkut di hati..” hehehe.

Proses penilaian oleh reviewer dilakukan dengan menilai 4 aspek berbeda pada masing-masing foto yaitu kesesuaian dengan tema, originalitas, kreativitas, dan estetika. Pada photo contest kali ini, panitia menitik-beratkan pada bagaimana kreativitas teman-teman PPI-ON dalam menyajikan tema blessing in spring dalam bentuk potret foto. Jadi, kriteria ‘kesesuaian dengan tema’ memegang persentase penilaian terbesar dengan 40%. Proses scoring oleh 4 reviewers, yaitu Uni Tia, Dhisa, Ryan, dan saya sendiri ternyata lumayan ketat. Setidaknya ada dua foto yang bersaing ketat terutama di peringkat ketiga, dengan total nilai yang nyaris sama.

Setelah proses scoringyang lumayan panjang, akhirnya diputuskanlah 3 foto terbaik yang dinilai foto dan captionnya paling bisa mewakili tema yang dipilih sebelumnya oleh panitia:

Untuk Juara 3 dengan skor 8.3, terpilih foto dari Mas Ahmad Miftachur Rohman

Judul: Mother and daughter bonding moment

Deskripsi Foto:

“my moon, my sun, my star and my everything. Mari kita menjelajahi dunia bersama! mari kita belajar bersama, mempelajari makna kehidupan. I love you to the moon and back!”

Juara kedua dengan total nilai 8.4 jatuh kepada foto dari Mas Ramadhona:

Processed with VSCO with a6 preset

Judul: 新たな人生の歩み

Deskripsi Foto:

春=新

新年度、新開始、新生活等

この春は私にとっても”新”の意味があり、10回目の春で非常に大切な春である。今春は、新しい家族が増え、長女が誕生し、新たな人生の歩みが始まった。

私はこの桜の木の下で”新たな人生を楽しみながら全力でがんばる”と誓った。

Daaaaaan..

Untuk juara pertama jatuh kepada Yuzy Fauzyah dengan total nilai 8.95

Judul: Innocent

Deskripsi Foto: Feel like being born for the first time, when everything is warm in spring.

Acara penyerahan hadiah sendiri berlangsung pada acara hanami PPI-ON Hanami 2017.

Nah,

Akhir kata, kami dari panitia photo contest PPI-ON 2017 mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada teman-teman PPI-ON yang ikut membagi cerita blessing in spring bersama kami tahun ini. Ditunggu looh karya-karya super lainnya untuk photo contest PPI-ON tahun depan. See you!

-Panitia Hanami Photo Contest 2017

 

Untuk menjawab permintaan warga PPI-ON yang penasaran dengan karya-karya peserta lainnya, karya-karya seluruh peserta sudah kami rangkum di bawah ini. Terima kasih atas partisipasi semuanya!

Arrow
Arrow
GABY ALMIRA - Cycling Under Sakura Trees
ArrowArrow
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *