Bahasa Jepang (Bahasa Pengantar, Kursus Bahasa, dll)

Jawaban bersumber dari buku “Japan I am coming” karangan Ibu Murni Handayani, M.Sc, PhD yang saat ini bekerja sebagai assistant professor di Chemistry Department, Division of Physical Organic Chemistry, Graduate School of Science, Osaka University. 

 

  1. Mau tanya kuliah di osaka nanti apakah syaratnya untuk masuk bisa  menggunakan nilai  Toeic? Apakah semua universitas di osaka bisa menggunakan nilai Toeic?

Untuk kuliah di Osaka University dan universitas lain di Jepang, Biasanya yang diminta adalah nilai TOEFL. Walau ada beberapa professor/departemen yang menerima dengan nilai TOEIC, akan lebih baik mempunyai sertifikat TOEFL. Seandainya memang sudah memiliki nilai TOEIC, maka komunikasikan dengan professor apakah bisa menggunakannya untuk syarat masuk universitas.

  1. Apakah beasiswa pemerintah monbugakushou tersedia di OU?

Iya, beasiswa monbugakusho juga tersedia di Osaka University di hampir setiap fakultas, jalur yang digunakan untuk mendaftar beasiswa monbugakusho lewat osaka university adalah U to U (Osaka university recommendation). Jika ingin mendaftar program beasiswa ini maka harus mendapatkan professor terlebih dahulu karena professor saja yang berhak mengajukan calon mahasiswa ke pihak fakultas dan kemudian akan di teruskan ke Monbugakusho.

Bisa di cek disini: http://www.osaka-u.ac.jp/en/international/inbound/admission.html

Osaka University accepts some international students recommended by foreign universities under a student-exchange agreement between such universities or departments as well as from research institutes with which the university has exchange programs through joint research. The university recommends such candidates and the MEXT selection committee determines the recipients around June. Entrance for successful candidates begins from October only.

Recruitment will be announced through each faculty in December and January of the year preceding admission.

Required documents include an application form, research plan, certification of language proficiency such as TOEFL or TOEIC scores, graduation certificate (or certificate of expected graduation), academic records of the university attended, and a letter of recommendation from the university the applicant is attending addressed to the President of Osaka University.

Saya akan menjelaskan kata-kata yang saya garis bawahi, untuk program monbusho/monbukagakusho/MEXT/beasiswa pemerintah jepang , dengan university recommendation biasanya berlaku untuk kandidat pelamar dari universitas Indonesia yang mempunyai agreement dengan Osaka University (ITB, UI, UGM, Unbraw), akan tetapi ini tidak mutlak. Selama professor memberi kepercayaan kepada kita dan merekomendasikan kita untuk diajukan oleh beliau mendaftar beasiswa MEXT ini, maka kesempatannya akan sama untuk kita. Saya dan juga satu teman dari kedokteran UNS juga kuliah di Osaka university atas rekomendasi dari Professor ( Jalur Osaka university recommendation)

  1. Apakah bagi mahasiswa asing akan mengikuti sekolah bahasa sebelum resmi mengikuti perkuliahan di OU?

Untuk kuliah S1: Iya

Untuk kuliah S2/S3: tergantung dari jenis beasiswanya / program kuliahnya. Beberapa beasiswa mengharuskan ikut kursus  bahasa Jepang ada yang langsung masuk program kuliah.

       4. Pengantar kuliah di Osaka University bahasa Inggris atau Jepang? 

Tergantung program yang kita pilih. kalau saya ikut yang international graduate program, jadi semua kelas yang saya ambil menggunakan bahasa inggris. Sekarang banyak program international di Osaka University, hanya ada beberapa yang belum mempunyai program international, oleh krn itu hrs ditanyakan ke professor dan dikomunikasikan mengenai hal ini. Karena untuk ikut program yg regular maka dituntut kemampuan bahasa Jepang tinggi krn pengantar kuliah menggunakan bahasa Jepang.

Berikut website mengenai international graduate program di osaka univ

 http://caren.eng.osaka-u.ac.jp/programs-science/

  1. Jika kita tidak lancar berbahasa jepang, apakah disana nanti kita dilatih agar berbahasa jepang dengan lancar?

Answer: Di Jepang bisa mengikuti yang program kuliah dengan bahasa pengantar menggunakan bahasa inggris sehingga bisa menjadi pilihan bagi murid luar negeri yang ingin kuliah di Osaka university. Jika ingin lancar bahasa Jepang bisa mengikuti kursus bahasa Jepang gratis yang diadakan oleh pihak center for international education and exchange (CIEE).

Pengalaman saya, sampai sini karena status saya tidak langsung S2, tetapi research student, kita dikursusin bahasa Jepang intensif dari jam 9 pagi sd 4 sore dan setiap hari selama 5 bulan, oktober sd feb. nah utk yg sdh pny kemmapuan bhsa jepang bs ditingkatkan utk bs dapat JLPT tinggi dgn ikut kursus ini

Bisa di cek disini: http://ciee.osaka-u.ac.jp/en/japanese_program/

   6. Adakah syarat berapa skor ryuugakushiken dan TOEFL? Bagaimana cara mengakali kendala bahasa, baik bhs inggris dan jepang? 

Iya ada, untuk ikut international graduate program waktu saya dlu mau masuk diminta oleh professor untuk submit TOEFL certificate minimal 550. kalau untuk bahasa Jepang saya kurang tahu minimal berapa, tapi pastinya harus lebih tinggi dari N2. 550 ini nilai PBT, kalau IBT berarti sekitar 79. Untuk mengakalinya gmn ya, ya belajar rutin setiap hari , rutin walau sedikit demi sedikit dan banyak praktek. Dulu saya juga lebih dr 4x ikut test di lembaga bahasa, tapi ikut yg prediction krn harganya murah. saat sudah yakin baru ambil yg official (international). saya dulu malah saat daftar beasiswa dgn toefl intitutional masih OK. Asal professor mengijinkan maka tidak perlu inernational.

  1. Bagaimana tips dan trik untuk menguasai bahasa Jepang?

Jika ingin belajar terstruktur dan sistematis bisa mengambil kursus bahasa Jepang di lembaga bahasa, jika ingin belajar sendiri maka perlu kedisplinan meluangkan waktu belajar bahasa Jepang setiap hari misalkan 2 jam dalam setiap hari.. Rutin dan konsisten. Banyak melihat video film atau drama dengan percakapan bahasa Jepang akan sangat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Jepang.

  1. Saya tdk terlalu lancar bahasa jepang,nulis huruf kanji, tapi tetep ingin kuliah di jepang, apakah bisa?

Sangat bisa, saya juga nol besar saat mendaftar beasiswa dan juga saat datang ke Jepang.

  1. Mana bahasa yg lebih baik dikuasai dulu, inggris atau jepang? Tergantung pilihan program kuliah yang akan diambil, jika ingin mengambil kuliah dengan pengantar bahasa Inggris, maka harus menguasai bahasa inggris terlebih dahulu. Jika ingin mengambil yang regular (pengantar kuliah bahasa Jepang), maka penguasaan bahasa Jepang menjadi wajib.
  1. Literatur untuk keperluan kuliah dalam bahasa inggris atau jepang

Jawaban sama dengan no. 7 (Tergantung program kuliah yang kita ambil).

  1. Untuk bisa dapat hidup di jepang dengan pasport study ada persaratan mampu berbahasa jepang atau tidak(kalau semisal jerman kan ada)? Kalau ada nama lembaga pemberi sertifikasinya apa?

 Tidak harus

  1. Apakah pada awal-awal kuliah kita mendapatkan pelatihan khusus bahasa jepang ? Atau tergantung pada beasiswa yang kita ambil? Apakah sertifikat noken juga berpengaruh?

Pertanyaan sama dnegan no.3 sehingga bs dilihat jawabannya di no. 3. Untuk kuliah dnegan pengantar bahasa Jepang (reguler) maka sertifikat noken akan berpengaruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *