Beasiswa dan Biaya Kuliah

Jawaban bersumber dari buku “Japan I am coming” karangan Ibu Murni Handayani, M.Sc, PhD yang saat ini bekerja sebagai assistant professor di Chemistry Department, Division of Physical Organic Chemistry, Graduate School of Science, Osaka University. 

 

  1. Tips gimana caranya mendapatkan beasiswa di osaka university? apakah universitas di Indonesia harus berpartner dgn univ osaka?

Untuk mendapatkan beasiswa ke Osaka university, bisa mendaftar banyak jenis seperti:

Monbukagakusho/ MEXT (G to G di embassy jepang di Jakarta, atau U to U dari Osaka University), Inpex Foundation scholarship, Panasonic Scholarship, ADB-JSP scholarship, JJ/WGGSP, Hitachi Scholarship, LPDP, dll)

(Jenis-jenis beasiswa S1, S2, dan S3 ke Jepang saya ulas detail di buku Japan I am Coming yang saya terbitkan tahun lalu, kemudian juga di group Yuk Kuliah ke Jepang di FB)

Hampir semua bisa di daftar dengan universitas di Indonesia tidak berpartner dgn univ osaka, kecuali Hitachi scholarship yang memang diperuntukkan untuk dosen di U, ITB, UGM dan ITS

Ini beberapa link beasiswa yg disediakan oleh osaka University:

http://www.bio.eng.osaka-u.ac.jp/gh_resour_prog/index.html

http://maritime-urban.naoe.eng.osaka-u.ac.jp/index.html

http://www.chem.eng.osaka-u.ac.jp/appl/eng/CSC_e/index_e.html

http://www.bio.sci.osaka-u.ac.jp/global30/SISC/HOME.html

http://www.dyn.ap.eng.osaka-u.ac.jp/QEDC/home.html

  1. Biaya kuliah untuk kuliah di Universitas Osaka?

Bisa dilihat disini

http://www.osaka-u.ac.jp/en/guide/student/tuition/tuition.html

  1. Bagaimana dengan mahasiswa asing (penerima beasiswa khususnya) yang telah menikah, apakah diperbolehkan untuk tinggal membawa serta keluarganya?

Untuk mahasiswa asing yang telah menikah boleh membawa keluarga (pasangan dan anak anaknya), saya sendiri selang sebulan tiba di Jepang , suami dan anak saya menyusul kesini dan kami tinggal di Jepang sudah 6 tahun. Tidak ada larangan sama sekali untuk membawa pasangan atau keluarga untuk ke Jepang.

  1. Bagaimana baiknya memilih beasiswa yg tepat berdasarkan rencana studi, universitas, ataupun peluangnya untuk dapat masuk, khususnya rencana S2 bidang pendidikan ataupun scientist.

Untuk memilih beasiswa bisa tergantung dari jurusan atau juga universitas yang akan di ambil. Contohnya beasiswa ajinomoto hanya diperuntukkan bagi yang ingin kuliah S2 ke Tokyo University, Inpex scholarship diperuntukkan bagi jurusan eksakta, JISPA diperuntukkan bagi jurusan ekonomi. Kalau beasiswa Monbugakusho bisa di daftar secara umum baik dari bidang eksakta maupun sosial dengan jurusan apa saja.

  1. Untuk apply beasiswa ke univ. Jepang apakah topik penelitian menjadi persyaratan apply? Dan apakah beasiswa mendukung penelitian yg dilakukan scr materi/finansial?

Untuk beasiswa S2 dan S3 ke luar negeri terasuk Jepang, topik penelitian (research plan) merupakan salah satu persyaratan yang ada dalam beasiswa tersebut.

Penerima beasiswa biasanya dibebaskan dari memayar tuition fee, entrance fee, dan biaya eksperimen / penelitian di lab serta biaya living cost setiap bulan.

  1. Untuk mendapatkan beasiswa apakah harus ada promotor atau bisa direct apply?

Tidak harus, kita bisa mendaftar beasiswa secara langsung (direct apply)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *