Q&A Monbukagakusho Scholarship

Hampir 2 bulan absen dari kegiatan ngeblog, jadi kangen *peluk pembaca satu-satu*. Kalau boleh kasih excuse, kuliah itu sibuk banget, plus gw juga ada beberapa kegiatan lain di luar kampus yang cukup menyita waktu. Akhirnya blog jadi terlantar deh. Hari ini kebetulan ada waktu kosong (kerjaan ada sih, tapi mood ngeblog tiba-tiba muncul), jadilah sekarang ngetik-ngetik di depan komputer, komputer kampus pula. Kali ini gw bakal menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di blog/facebook selama gw gak aktif, termasuk beberapa pertanyaan lama yang menurut gw cukup sering ditanyakan. Semoga terjawab dan bermanfaat ya.

Sebelum daftar

Q: Kapan pendaftarannya dibuka? Untuk keberangkatan tahun ____ kapan bisa mulai daftar?

A: Pendaftaran untuk S!, D3, D2 biasanya dibuka sekitar bulan Mei, setahun sebelum keberangkatan. Misalnya kalau keberangkatan April 2014, daftarnya dari Mei 2013. Untuk tanggal pastinya, rajin ngecek web kedubes jepang aja.

Q: Anak SMK boleh ikutan gak?

A: Boleh banget.

Q: Apa bedanya S1, D3, D2? Mending pilih yang mana?

A: Perbedaan yang paling besar adalah jangka waktu belajar (S1 umumnya 4 tahun, D3 3 tahun, D2 2 tahun) dan pilihan jurusan (S1 macem-macem, D3 biasanya IPA, D2 lebih spesifik misalnya perhotelan, fashion, masak, dll). Waktu milih tentunya harus disesuaikan dengan jurusan yang diinginkan. Ada juga yang mempertimbangkan mau S1 biar dapat gelar sarjana. Jadi tergantung preferensi tiap orang.

Q: Apa aja yang di-cover sama beasiswa?

A: Biaya kuliah, tiket pesawat PP saat berangkat dan saat pulang ketika lulus, biaya pembuatan visa, biaya hidup 120,000 yen per bulan (sampai tahun 2014 segini) untuk S1, D3, D2.

Q: Apa itu IPA-a, IPA-b, IPA-c?

A: Pertama, semuanya jurusan IPA (ya iya lah). IPA-a itu jurusan IPA yang berhubungan sama fisika, misalnya jurusan teknik. IPA-b itu yang berhubungan dengan biologi, misalnya agrikultur, pangan, farmasi. IPA-c itu kedokteran dan kedokteran gigi. Daftar jurusan lengkap baca di sini.

Q: Jurusan yang dipengen gak ada di dafar, gimana nih?

Bisa tulis nama jurusannya di kolom “Others”. Tapi risikonya kalau sampai diterima, akan susah ketika memilih universitas/pilihan universitasnya terbatas. Bisa juga coba pilih jurusan lain yang mirip dan ada di daftar (jika bersedia).

Q: Untuk bisa diterima harus jago bahasa jepang gak? Kemampuan bahasa jepang punya pengaruh di seleksi gak?

Tidak 😀 dulu waktu daftar juga gak bisa bahasa jepang kok. Waktu sampai sini juga banyak ketemu siswa dari negara lain yang sama sekali gak ngerti bahasa jepang. Tenang aja. Lagian di sini juga bakal digembleng bahasa jepangnya di sekolah bahasa selama setahun, jadi bukan berarti dilepas begitu aja ke universitas. Walaupun begitu, untuk jurusan IPS, sejak keberangkatan 2014 disarankan minimal udah lulus N4. Jadi sedikit banyak mungkin ada pengaruh kali ya, tapi bukan sesuatu yang jadi patokan.

Q: Piagam lomba perlu disertakan? Perlu aktif organisasi?

Gak perlu karena gak diminta. Gak dijadikan pertimbangan juga kayanya.

Q: Perlu menyiapkan deposito?
Tidak.

Seleksi Dokumen
Q: Berkas yang dibutuhkan apa aja ya? Kirimnya ke mana?
Ah, kamu. Mau daftar masa gak tau sih. Buka website dulu ya, budayakan membaca 🙂

Q: Rata-rata nilai harus berapa? Yang dipakai nilai rapor atau UN?
Sama kaya yang di atas, baca baca baca :). Dulu waktu jaman gw sih pakai nilai rapor, tapi setelah itu berubah jadi nilai UN, tahun berikutnya bisa jadi berubah lagi, jadi sarannya cuma satu: baca! 🙂

Q: Nilaiku kayanya kurang bagus nih/gak pede sama nilai/takut gak memenuhi syarat, gimana dong?
Jangan menyerah sebelum bertanding. Gak ada yang salah sama yang namanya nyoba. dulu gw juga ikut ini awalnya karena mau mencoba, eh ternyata bisa sampai sejauh ini. Kalau nilai kamu jauuuuh dari syarat, yah emang susah kali ya. Tapi kalau kira-kira masih mungkin, cobain aja dulu! Jangan lupa siapin rencana B aja, jadi jangan menggantungkan semua harapan ke beasiswa ini.

Q: Takut gak lolos seleksi dokumen, apa yang harus aku lakukan?
Jujur aja, hal yang paling tidak perlu ditakuti dalam seleksi beasiswa ini adalah seleksi dokumen. Tinggal kirim berkas aja toh, kalau tes tulis atau wawancara kan perlu persiapan belajar, mental, dsb. Jadi siapin aja berkasnya, isi formulir dengan benar, periksa jangan sampai ada yang ketinggalan, kirim ke alamat yang benar tepat waktu, lalu berdoa untuk hasil yang terbaik.

Q: Dulu rata-rata nilai berapa? Gimana cara meraihnya?
Dulu pernah jawab sih di kolom comment, tapi malu ah kalau ditulis di sini lagi. Yang pasti memenuhi syarat. Cara meraihnya tentu saja dengan belajar sungguh-sungguh (jangan lupa main ya tapi), plus yang paling penting gak nyontek.


Tes Tertulis

Q: Penentuan lokasi ujian gimana?

A: Hmm, gak yakin, tapi MUNGKIN menurut alamat tempat tinggal, soalnya dulu alamat di Padang trus dapet lokasi ujian di Medan (padahal SMA nya di Bandung).

Q: Tips persiapan tes tulis?

A: Karena tesnya diadakan sesudah UN dan seleksi PTN, jadi materi yang dipelajari untuk ujian-ujian tersebut masihfresh di kepala. Persiapan khususnya cuma ngerjain soal-soal tahun lalu aja. Tipsnya, pelajari soal-soal lama!

Q: Dulu ikut bimbel/les utk tes ini gak?

A: Tidak.

Q: Katanya matnya itu kaya ____ ya?

A: Kalau kamu sebut nama tes macam A-level dkk, jujur aja gak bisa bandingin karena gak pernah ikutan tes begituan. Tapi kayanya yang paling bener liat aja soal tahun lalu trus beri penilaian sendiri. Tiap tahun polanya mirip kok.

Q: Minta referensi buku

A: Hmm, buku pelajaran SMA? (Dasar materi kan dari sana)

Q: Soal matematika IPA dan IPS beda?

A: Betul. IPS bakal dapet mat-A, IPA bakal dapet mat-B. Mat-B tentunya lebih susah karena materinya lebih banyak (ada integral, dsb).

Q: Dulu pas tes gimana? Bisa semua?

A: Gak juga, tapi lumayanlah ada kepercayaan diri….. sedikit.

Wawancara

Q: Wawancara pake bahasa apa?

A: Tulisannya sih dalam bahasa Indonesia dan dulu emang beneran bahasa Indonesia, tapi ada yang dapet pertanyaan bahasa Inggris juga. Persiapan aja kali ya kalau disuruh bahasa Inggris.

Q: Pake baju apa buat wawancara?

A: Baju formal macam orang wawancara kerja, haha. Kemeja putih, rok bahan, dan teman-teman.

Q: Yg ditanya apa aja?

A: Gak seru dong kalau diceritain detail (padahal maksudnya udah lupa-lupa inget). Pertanyaan tiap orang berbeda, tergantung alur jawaban kita kali ya. Tapi seputar diri sendiri kok, jadi jawab apa adanya aja.

Setelah Diterima

Q: Penempatan universitasnya gmn ya?

A: D2 dan D3 sudah ditentukan sekolahnya sebelum berangkat. Tapi S1 akan ditentukan setelah 1 tahun di sekolah bahasa berdasarkan hasil belajar selama setahun itu. Yang pasti semua bakal dapet universitas (sejauh ini gak pernah denger ada yang dipulangkan), jadi tinggal belajar sebaik mungkin biar bisa diterima di universitas bagus. Oh iya, cuma bisa universitas negeri ya.

Q: Resign kuliah di Indonesia

Belum sempet kuliah dulu jadi gak tau gimana prosedurnya. Tapi yang pasti JANGAN resign sebelum pasti diterima ya (iya lah ya masa pede amat).

Q: Dorm nya enak gak?

A: Enak kok. Emang sih kecil dan jauh dari pusat kota tapi karena transportasi umum di sana enak, gak ada masalah. Harganya cenderung murah lagi.

Lain-lain

Q: Punya kenalan anak jurusan ___ program ___ gak?

A: Pertanyaan ini kalau dijawab “punya”, pasti berikutnya “minta kontaknya dong, mau nanya-nanya”. Nah, bukannya gak mau berbagi, cuma gak enak aja kalau ngasih-ngasih kontak orang sembarangan. Makanya lebih milih share alamat-alamat blog aja, biar bisa nanya langsung.

Q: Gimana pendapatmu ttg jurusan ___? 

A: Karena gak punya pengalaman dalam bidang pendidikan, pertanyaan yang ini agak susah jawabnya. Tapi kalau bisa berpendapat akan dijawab menurut pendapat pribadi (subjektif).

Q: Universitas jepang mana ya yg bagus?

A: Jawaban sama seperti pertanyaan sebelumnya.

Q: Seleksi selanjutnya gimana?

A: Kalau maksudnya seleksi sebelum diterima, silakan cek website resmi (di sana tertulis jelas). Kalau seleksi sesudah diterima, liat jawaban tentang penempatan universitas ya.

Q: Boleh nanya nanya di line/email gak?

A: Jawabannya gak. Mungkin kalian mikir “buset jual mahal amat”, tapi line dan email sepertinya agak terlalu pribadi ya. Pengennya sih komen aja di blog trus nanti bikin post Q&A kaya gini. Tapi kalau terdesak dan keukeuh pengen nanya langsung, bisa hubungi di facebook:

www.facebook.com/tamara.larasati (kirim message ya biar bisa di-approve friend request-nya)

Link tulisan:

http://ceritamaraaa.blogspot.jp/2014/07/cerita-91-q-monbukagakusho-scholarship.html

http://ceritamaraaa.blogspot.jp/2014/09/cerita-94-q-monbukagakusho-scholarship.html

Penulis:

Tamara Larasati, saat ini kuliah S1 jurusan Farmasi Osaka University.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *