Sakuranomiya Grand Heights

Dorm yang satu ini letaknya ada di pusat kota Osaka, tepatnya di Osaka-Shi, Miyakojima Ku, Nakanocho, 2-Chome. Dorm ini biasanya dihuni oleh teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang di OBKG. Skema pembayaran untuk kalian yang belajar di OBKG berbeda dengan penghuni non-OBKG. Harga sewa normal per bulan adalah 28.000 Yen (tidak termasuk air, listrik, gas, internet) serta harus membayar uang kunci sebesar 60-80.000 Yen. Sedangkan bila menyewa melalui OBKG, penghuni baru tidak dikenakan uang kunci, tetapi harga sewa per bulan menjadi sedikit lebih mahal yaitu 42.000 Yen sudah termasuk air, gas, dan internet (listrik belum termasuk). Biasanya bila sudah lancar berbahasa Jepang, setelah sekitar 3-6 bulan, pihak dorm meminta penghuni untuk pindah karena dorm akan dipakai oleh murid-murid baru yang akan datang.

Tipe kamar yang tersedia di dorm ini adalah tipe single. Fasilitas yang tersedia di dalam kamar terbilang cukup lengkap yaitu kulkas, meja belajar, TV, toilet serta shower, dapur, dan berbagai macam perabot lainnya. Untuk mencuci pakaian, tersedia mesin cuci yang bisa digunakan di lantai 6, walaupun harus membayar 200 yen untuk 4.5 kg dan 300 yen untuk 6 kg pakaian. Di lantai tersebut kalian juga bisa menggunakan mesin pengering dengan membayar 100 Yen per 10 menit. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pintu dorm akan dibuka mulai jam 10 pagi sampai jam 6 sore, jadi bila ingin keluar masuk di luar jam tersebut maka kalian harus menggunakan kunci khusus yang disediakan oleh pihak dorm. Disarankan untuk tidak memilih kamar di lantai 1 karena ada banyak kecoa.

Buat kalian yang  sering kelaparan pada malam hari, jangan khawatir karena ada beberapa minimarket seperti Lawson, Family Mart, dan Seven Eleven yang letaknya tidak begitu jauh dari dorm. Bila ingin membeli buah-buahan atau barang-barang lain, maka kalian bisa berjalan kaki ke Kyobashi yang dapat dicapai dalam 15 menit. Kyobashi merupakan pusat pertokoan, jadi di sana kalian bisa menemukan book off, mall, perpustakaan, dan berbagai macam toko lainnya. Selain itu, di sekitar dorm kalian juga bisa menemukan hiburan-hiburan gratis seperti pantai buatan ataupun taman yang asik untuk piknik bersama teman-teman.

Jarak dari dorm ke OBKG terbilang cukup dekat, dapat ditempuh dalam waktu 20-30 menit dengan berjalan kaki atau 10 menit dengan bersepeda. Kelebihan lain dari dorm ini adalah aksesnya yang cukup dekat dari stasiun. Stasiun terdekat adalah JR Sakuranomiya dan stasiun Kyobashi (chikatetsu) yang bisa ditempuh dengan 10-12 menit jalan kaki.

Penulis: Anastasia Wibowo (Anas)

Editor: Tamara Larasati (Tamara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *