Suara Anak Bangsa di Negeri Sakura – Radio PPI Jepang “Natsukashii”

 

“jradio.ppijepang.org

Radio PPI Jepang

Dari Negeri Sakura, untuk Anak Bangsa”

Halo Sahabat Bangsa! Berbicara soal media komunikasi, Sahabat Bangsa pasti setuju kalau radio adalah salah satu media komunikasi yang tidak lekang oleh waktu. Berdasarkan sejarah, radio awal mulanya digunakan di bidang maritim, khususnya angkatan laut, untuk mengirimkan pesan telegraf. Sahabat Bangsa ingat film Titanic kan? Di situ, radio juga digunakan untuk mengabarkan kondisi darurat kapal kepada kapal terdekat dan stasiun darat. Bedanya nih, sekarang radio dikemas dengan lebih menarik, bahkan bisa jadi sarana kirim pesan dan request lagu kawula muda, tentunya dengan informasi yang tetap sarat pengetahuan. Itulah mengapa masih banyak Sahabat Bangsa yang setia jadi pendengar radio. Entah itu saat berkendara, saat senggang, saat makan atau mungkin sembari bekerja, mendengarkan radio menjadi salah satu pilihan pertama yang menyenangkan untuk dilakukan.

Di Jepang, kami para pelajar Indonesia tidak hanya menuntut ilmu. Melalui Radio PPI Jepang, suara kami bisa didengarkan hingga seluruh penjuru dunia. Radio PPI Jepang (PPIJ Radio) sendiri adalah wadah komunikasi, baik antar pelajar Indonesia di Jepang, maupun antara pelajar Indonesia di Jepang dan di Indonesia atau dunia. PPIJ Radio mengudara setiap hari dari pukul 20:00-22:00 JST atau 18:00-20:00 WIB. Program-program yang disampaikan di PPIJ Radio untuk periode Oktober 2017 – Maret 2018 adalah Shumi (hobi) di hari Senin, Sasuga (tokoh-tokoh inspiratif) di hari Selasa, Kagaku (ilmu pengetahuan) di hari Rabu, Bunka (budaya) di hari Kamis, Soredame (larangan atau hal yang harus diperhatikan) di hari Jumat, Natsukashii (nostalgia) di hari Sabtu, Benkyou (belajar) di hari Minggu, serta Tokubetsu (edisi spesial). Dari program-programnya, Sahabat Bangsa mungkin bisa langsung menarik kesimpulan kalau di PPIJ Radio tidak hanya membahas berita panas tentang Jepang saja, tapi juga tentang Indonesia dan dunia.

Sahabat Bangsa, kali ini kita akan memperkenalkan Tim Siar Radio PPI Jepang di Osaka-Nara. Di tahun 2016, Sahabat Dewi dan Sahabat Yudhi dari tim siar Nara mengisi program Benkyou. Lalu di bulan Februari 2017, tim siar Osaka melakukan debutnya di PPIJ Radio dengan meneruskan di program tersebut. Terhitung sejak April 2017, tim siar Osaka memutuskan untuk bergabung di program Natsukashii hingga saat ini. Yuk, kenalan lebih dekat dengan para penyiar dari Osaka!


Tika

Nama: Tika Laras Kusuma

Jurusan/Kampus: Architecture/Osaka University

Masa tim siar/Mulai bergabung: Februari 2017~

Motto: YOLO, so, be careful!

.

.


Yuzy

Nama: Yuzy Fauzyah

Jurusan/Kampus: Biosciences/Osaka University

Masa tim siar/Mulai bergabung: Februari 2017~

Motto: Man jadda wajada

.

.


Puspito

Nama: Dwi Puspitosari

Jurusan/Kampus: Pendidikan Bahasa Jepang/Osaka University

Masa tim siar/Mulai bergabung: Februari 2017~

Motto: Dengan berbicara kita berbagi, dengan mendengar kita peduli

.

.

.


Alif

Nama: Muhammad Alif Hamimdal

Jurusan/Kampus: Chemistry/Osaka University

Masa tim siar/Mulai bergabung: Februari-September 2017

Motto: Take it easy~

.

.

.

.


Sesuai peribahasa ‘tak kenal maka tak sayang’, berikut tanya-jawab singkat dengan para penyiar:

Q: Apa alasan bergabung di Radio PPIJ?

Tika: Pengen eksis. Saya tipe orang yang apapun (yang positif) akan kulakukan demi menjaga keeksisan diri. Hahaha. Kalau mau alasan seriusnya, sebenarnya 3 dari pendahulu tim siar Osaka: Mba Pus, Yuzy, dan saya, merupakan tim dari Divisi Eksternal PPI Osaka-Nara, yang memang jadinya sebagai salah satu tugas kami juga mengeksiskan Osaka-Nara, jadinya setelah itu kita mengajak Alif dan setelah Alif pergi, Tamara dan Yuyus menggantikan.

Yuzy: Pengen nyoba jadi penyiar karena dari kecil suka dengerin radio dan suka bikin playlist.

Pus: Ingin ikut berpatisipasi dalam dunia broadcast anak bangsa, berkontribusi, belajar sesuatu yang di luar kampus, kamus dan buku, berinteraksi dengan orang-orang baru.

Alif: Diajak Mbak Pus/Memang dari dulu tertarik dengan dunia siaran, terus katanya suara ngebass saya juga cocok buat siaran.

Q: Mengapa memilih program Natsukashii?

Tika: Soalnya kita orang orangnya susah move oooooonn!!! Hehe. Benkyou terlalu belajar sih padahal kita semua gada yg bener tim siar, kecuali mba Pus !

Yuzy: Anaknya terjebak nostalgia haha.

Pus: Ingin mengajak para pendengar, ke suatu ruang dan waktu dimana bola memori itu mungkin akan menjadi abu-abu dan terbuang di tempat yang tak lagi pernah lagi terkenang.

Alif: Seru aja siih mengingat masa indah jaman duluu, lagu jaman dulu juga lebih berfaedah dari jaman now.

Q: Kesan, pesan, atau komentar selama menjadi tim siar?

Tika: Seru! Aku sebenernya kalau ngomong cepet banget trus malah jadi penyiar radio! Hahaha. Sebenernya cita-cita dari kecil juga sih, dulu waktu kecil sering banget main penyiar-penyiaran, baik penyiar radio maupun penyiar berita atau talkshow gitu hihihi ga nyangka aja bisa kesampean. Harapannya biar Radio PPIJ makin terkenal aja! Biar suara-suara emasnya terdengar dimana-mana.

Yuzy: Seneng suaraku bisa didenger banyak orang.

Pus: Tidak ada bank tema siaran kadang membuat para penyiar menghadapi kendala, dan karena tidak diperbolehkannya tema yang sama dibahas kembali meski dengan kemasan dan cara yang berbeda, itu sedikit membatasi ide.

Alif: Siaran tuh seruu! Meskipun kadang suka nggak full team, tapi tetep seneng kalau siaran apalagi kalo topiknya ramee~

Nah, karena Sahabat Alif sudah menyelesaikan pendidikannya di Jepang dan kembali ke Indonesia, maka ada 2 sahabat siar yang baru nih dari Osaka. Yuk, kita kenalan sama mereka!


Yuyus

Nama: R. Yusrifar Kharisma Tirta

Jurusan/Kampus: Biological Science/Osaka University

Masa tim siar/Mulai bergabung: September 2017~

Motto: Barang siapa yang bersungguh – sungguh akan mendapatkannya

.

.


Tamara

Nama: Tamara Larasati

Jurusan/Kampus: Pharmaceutical Science/Osaka University

Mulai bergabung: September 2017~

Motto: Everyday may not be good but there is something good in everyday.

.

.

.

.

.


Q: Apa alasan bergabung di Radio PPIJ?

Yuyus: Diajak dan kayaknya seru.

Tamara: Ingin mencoba hal baru di bidang media and broadcasting.

Q: Mengapa memilih program Natsukashii?

Yuyus: Mengenang masa lalu tidak akan ada habisnya dan akan menggali potensi yang dulu ada dan tidak terpikirkan saat kecil.

Tamara: Karena selalu ada hal menarik yg bisa dibahas dari kenangan.

Q: Kesan, pesan, atau komentar selama menjadi tim siar?

Yuyus: Ga semudah yang dibayangkan. Banyak-banyak latian dan pembiasaan diperlukan agar dapat menjadi penyiar yang baik. Membuat koneksi antar tim siar menjadi baik dan dekat satu sama lainnya.

Tamara: Seru! Semoga pendengar program Natsukashii semakin banyak dan konten-kontennya jg semakin kreatif dan menarik!

Itulah sedikit perkenalan dari sahabat siar program Natsukashii tim Osaka. Sahabat Bangsa stay tuned ya di Radio PPI Jepang setiap hari, apalagi bareng tim Natsukashii Osaka~

Penulis: Yuzy

Editor: Tamara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *