Toko Halal Online

Bagi teman-teman Muslim yang sedang menempuh studi di Jepang, pasti merasakan bahwa mencari makanan halal untuk sehari-hari itu susah-susah-gampang. Beberapa kantin kampus memang menyediakan menu makanan halal, tapi pilihannya cukup terbatas. Maka, salah satu solusinya adalah dengan memasak sendiri. Lalu pertanyannya, di mana kita bisa memperoleh bahan-bahan makanan halal?

Masjid-masjid lokal di daerah Kansai seperti Masjid Ibaraki, Masjid Pusat Osaka atau Masjid Kobe,  biasanya menjual bahan-bahan makanan halal yang cukup lengkap, mulai dari daging, produk olahan, bumbu instan, dan juga mi instan. Mushola Osaka University pun menjual bahan makanan halal, walaupun pilihan produk yang dijual terbatas.

Jika ON`ers super sibuk dan tidak sempat berbelanja, sekarang tidak perlu repot untuk mencari bahan makanan halal. Banyak toko halal online di Jepang yang siap mengirim produk mereka sampai ke depan pintu kalian.  Pilihan produk yang ditawarkan pun cukup lengkap dengan transaksi yang dijamin mudah. Berikut ini ulasan beberapa toko halal online di Jepang yang bisa menjadi pilihan untuk berbelanja:

1.Toko Indonesia – Okubo

Dari namanya sudah dapat ditebak bahwa toko ini menjual produk-produk halal asal Indonesia. Toko ini berlokasi di Shinjuku, Tokyo. Stasiun kereta terdekat adalah Stasiun Okubo dan dari situlah asal muasal Okubo dipakai menjadi nama toko ini.

Jenis produk yang dijual sangat bervariasi, mulai dari mi instan, bumbu masak, daging, tempe, sambal, dan masih banyak lagi. Untuk produk Indonesia, toko ini termasuk yang paling lengkap. Selain produk dari Indonesia, ada juga produk impor dari negara Asia lainnya, dan tidak semuanya halal. Toko Indonesia – Okubo akan mencantumkan keterangan halal/ tidak-ada-label-halal untuk produk-produk yang bukan berasal dari Indonesia.

Sistem pembelanjaan seperti sistem belanja online pada umumnya, masukkan barang yang dipilih ke dalam “cart”, lalu “check-out”. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer di muka atau cash-on-delivery (COD). Jika kita memilih pembayaran via transfer di muka, untuk pembelanjaan dengan nominal  10.000 yen atau lebih, maka GRATIS biaya pengiriman (kecuali Hokkaido, Fukuoka, Saga, Nagasaki, Kumamoto, Oita, Miyazaki, dan Okinawa). Jadi belanjalah secara kolektif dengan teman-teman agar biaya pengirimannya bisa gratis, hehe.

*recommended for: produk-produk Indonesia (bumbu masak, mi instan, dll.)

Alamat web: http://toko-indonesia.org/

2.Kobe Halal Food

Berlokasi dekat dengan Masjid Kobe, Kobe Halal Food menawarkan produk-produk halal yang lebih bernuansa mancanegara. Ada produk dari India, Iran, Pakistan, Turki, Tunisia, Afrika, Thailand, Malaysia, dan juga Indonesia. Coba tebak produk apa yang paling laris di toko ini? Bawang merah! Posisi terlaris ke-5 ditempati oleh produk Indonesia, yaitu kopi Kapal Api. Kobe Halal Food juga menjual berbagai macam merk daging ayam, sapi, dan domba. Jenis dan asal produk bervariasi, contohnya ada sapi Gunma, sapi Australia, dan sapi sabu-sabu Kyushu.

Website Kobe Halal Food tersedia dalam bahasa Jepang. Sistem pembelanjaan seperti sistem belanja online pada umumnya. Namun, pembayaran hanya bisa dilakukan secara COD. Bila melakukan pembelanjaan di atas 8000 yen, gratis biaya pengiriman (tidak termasuk Hokkaido dan Okinawa).

Alamat web: http://halal.shop-pro.jp/

3.Baticrom

Baticrom Foods didirikan pada tahun 1992 dan merupakan penjual online makanan halal pertama di Jepang. Baticrom menjual produk dari berbagai negara, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, India, Srilanka, Pakistan, Iran, Bangladesh, Arab dan juga Afrika. Produk-produk yang ditonjolkan adalah ikan Hilsha, mutton (daging domba), jus mangga dalam botol, kecap manis ABC, dan sambal Belibis!

Jika ingin pesanan kita sampai keesokan harinya (kecuali area seperti Hokkaido, Okinawa, dan pulau-pulau lainnya), maka lakukan pemesanan sebelum jam 2 siang. Metode pembayaran yang berlaku hanya COD. Biaya pengiriman akan menjadi gratis untuk pembelian barang-barang “kering” senilai 5000 yen ke atas, atau campuran barang “kering” dan barang “dingin” senilai 7000 yen ke atas.

Alamat web:  http://baticrom.com

4.Sonali Halal Food

Berdiri sejak tahun 1988, Sonali Halal Food adalah penyedia makanan halal tertua di Jepang. Karena permintaan konsumen yang meningkat dan juga beragamnya kebutuhan konsumen, Sonali Halal Food mulai mendirikan toko online. Produk yang dijual di toko ini berasal dari berbagai negara, seperti India, Bangladesh, Iran, Pakistan, Arab, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Produk spesial mereka di antaranya adalah daging sapi (berbagai jenis), jeroan sapi, beras Basmati (bulir panjang), daging ayam, dan bawang. Keunggulan Sonali adalah mereka menjual banyak jenis daging segar.

Setelah pemesanan online selesai, pengiriman akan dilakukan dalam kurun waktu tidak lebih dari 2 hari, kecuali jika sedang tidak ada stok (terutama untuk bahan makanan segar). Untuk pembelian di atas 7000 yen, maka gratis biaya pengiriman (tidak berlaku untuk Hokkaido, Okinawa, dan pulau –pulau tertentu).

*recommended for: daging segar

5.Azhar Halal Food / Halal Food Fukuoka

Azhar Halal Food adalah perusahaan pertama yang memulai pemotongan ayam secara halal di Fukuoka pada tahun 1992. Dua tahun kemudian, mereka juga menjadi yang pertama memulai pemotongan sapi secara halal di Kyushu. Pada tahun 2007, Azhar Halal Food mengekspansi pasar mereka dengan menjadi perusahaan pertama yang mengekspor wagyu halal ke Timur Tengah.

Fakta menarik dari Azhar Halal Food adalah ternyata toko ini didirikan oleh orang Indonesia, Eko Fajar Nurprasetyo. Kesulitan untuk mendapatkan daging halal yang dirasakannya semasa kuliah di Jepang, membuatnya berinisiatif mencari tempat pemotongan daging yang membolehkannya memotong sendiri. Usahanya ini ternyata mendapat sambutan positif dari teman-temannya, dan permintaan daging halal semakin melonjak. Sampai akhirnya, Eko memutuskan untuk pindah ke tempat pemotongan yang memiliki kapasitas lebih besar.

Sekarang Azhar Halal Food telah berkembang menjadi perusahaan dengan omset penjualan hingga Rp 10 miliar per tahun. Meski demikian, Eko dan istrinya sekarang telah pulang ke Indonesia. Mereka menyerahkan pengoperasian Azhar Halal Food di Jepang kepada orang kepercayaan mereka.

Di Azhar Halal Food, produk terlaris adalah daging-daging segar. Mereka menjual daging segar dengan merk perusahaan mereka sendiri, dan juga merk-merk lain. Selain daging, ada juga produk bahan makanan Indonesia, Malaysia, India-Pakistan, dan Thailand. Metode pembayaran bisa transfer di muka, atau COD. Jika kita memilih transfer di muka, untuk pembelian di atas 10,000 yen maka biaya pengiriman akan menjadi gratis.

*recommended for: daging segar

 

Gaby Almira (Gaby)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *